News

Layanan Samsat Online

Seiring dengan perkembangan zaman terknologi pun ikut berkembang dengan pesat. Apalagi di era 4.0 saat ini segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan cepat dan mudah karena ada di genggaman tangan kita atau biasa disebut handphone yanghampir setiap orang memilikinya. Berkembangnya teknologi ini membuat instansi baik swasta maupun pemerintah untuk  memperbaiki dan meningkatkan layanan kepada masyarakat. Salah satunya adlah pelayanan dalammpengurusan dokumen kendaraan bermotor melalui samsat.  Samsat bertugass memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penerbitan Surat Tanda Kendaraan Bermotor atau disingkat STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang berhubungan dengan pemasukan uang ke kas Negara melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Sekarang ini masyarakat terutama Indonesia dapat menggunakan layanan Samsat Online atau e-Samsat. Layanan Samsat Online adalah system administrasi terpadu yang melayani pengesahan STNK dan pembayaran SWDKLLJ serta PKB melalui transaksi elektronik. Dengan adanya Samsat Online, pelayanan dalam pengesahan STNK dan pembayaran SWDKLLJ dan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dapat meningkat. Layanan  Samsat Online bisa membuat masyarakat merasa praktis dan cepat dalam membayar pajak kendaran karena jika dilakukan dengan datang langsung ke kantor samsat pasti harus  menunggu antian yang cukup lama. Karena antrean panjang yang ada di kantor Samsat sudah menjadi pandanggan yang umum. Kondisi inilah yang membuat masyarakat malas pergi ke kantor Samsat untuk melakukan pengurusan dokumen kendaraan bermotor terutama  dalam pembayaran PKB. Selain itu, kondisi tersebut dapat membuka peluang praktik percaloan, dimana massyarakat yang malas mengantri lama rela membayar lebih mahal supaya pengurusan dokumen kendaraan bermotor dapat diproses dengan cepat.

Baca Juga ...   Momo TWICE dan Heechul Super Junior Akhirnya Resmi Jadian

Samsat Online menyediakan berbagai layanan pembayaran pajak, diantaranya:

  1. Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi pengesahan STNK satu tahun.
  2. Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi tidak ganti STNK.
  3. Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi disertai BPKB, STNK,dan ideentitas diri berupa KTP asli pemilik kendaraan.
  4. Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi tidak terlambat lebih dari satu tahun
  5. Pembayaran PKB dengan syarat kendaraan dalam kondisi baik dan berwujud fisik, artinya tidak hilang atau rusak, lapor jual, kecelakaan lalu lintas, dan disita sebagai baran bukti suatu tindak kriminal.

Meskipun layanan pembayaran pajak melalui Samsat Online terbatas, namun keberadaan Samsat Online sangat memberikan manfaat bagi para masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Tidak perlu datang jauh-jauh dan mengantri lama di kantor Samsat di mana kendaraan terdaftar, tetapi pembayaran pajak dpat dilakukan di kantor Samsat manapun asalkan masih dalam satu provinsi.

Baca Juga ...   Manfaat Ganda Pemakaian Tabir Surya Bagi Perawatan Kulit

Layanan Samsat Online di setiap provinsi berbeda, tergantung dari program dari massing-masing kantor samsat. Ada yang mebuka layanan menggunakan aplikasi di android dan ada juga yang melalui website resmi khusus Samsat Online.  Dengan adanya layanan Samsat Online ini, Pembayaran pajak dapat dilakukan di mana saja dan da kapan saja.

Samsat Online memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Bagi Samsat: samsat online dapat menyajikan data lebih akurat dan up date, sehingga dapat diihat realisasi dan penerimaan pe UPT PPD maupun secara keseluruhan.
  2. Bagi Wajib Pajak: lebih praktis dan cepat dalam membayar pajak kendaran, karena dapat membayar pajak kendaraan di kantor bersama Samsat manapu selama satu provinsi.
Baca Juga ...   Senjata Ampuh Bagi Para Pejuang Fresh Graduate

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.