Life

Mengetahui Cara Pencegahan Deman Berdarah Dengue

1. Menguras bak mandi seminggu sekali

Genangan air ialah tempat bagi nyamuk untuk berkembang biak, terlebih nyamuk Aedes aegypti . Pertama-tama nyamuk betina akan bertelur pada dinding bak yang berisi air. Larva nyamuk yang menetas dari telur tersebut kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme di sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, larva nyamuk akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa. Keseluruhan siklus kembang biak  ini berlangsung selama antara 8–10 hari dalam suhu ruang. Oleh karena itu, menguras dan membersihkan bak mandi minimal seminggu satu kali adalah cara pencegahan DBD yang paling utama. Karena kebiasaan ini dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

  2. Bersihkan juga wadah penampung air lainnya             

Membiasakan menguras wadah-wadah air tersebut setidaknya dua kali seminggu adalah sebagai langkah pencegahan demam berdarah yang paling utama di rumah. Setelah itu, tutup rapat wadah air yang kemungkinan bisa menjadi sarang nyamuk. Perabotan seperti baskom, vas atau pot bunga, kaleng, , ember, dan lain sebagainya jika tidak rajin dikuras dapat menjadi sarang bagi nyamuk.

Baca Juga ...   Tips Meredakan Amarah Agar Tak Muncul Masalah Baru Lagi

3. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama

Kebiasaan menunda-nunda melipat cucian dan membiarkannya menumpuk begitu saja Jika tidak, apa Anda justru terbiasa menggantung baju di balik pintu, atau menumpuk cucian kotor di pojokan kamar. Sebaiknya setop kebiasaan ini sebagai langkah pencegahan DBD. Jika Anda membiarkan baju menumpuk atau tergantung begitu lama maka dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk, Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika memang Anda harus menyimpan kembali baju yang baru Anda pakai, lipat kemudian simpan baju anda pada tempat yang bersih dan tertutup.

4. Gunakan lotion atau krim antinyamuk                             

Melindungi diri dengan mengoleskan losion atau krim antinyamuk setiap kali akan bepergian keluar rumah atau ke tempat terbuka. Pilihlah losion atau krimyang mengandung ekstrak serai, lavender, geranium, lemon balm, atau peppermint yang sudah terbukti tidak disukai nyamuk. Ikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan. Oleskan krim terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian. Jangan mengoleskan krim antinyamuk pada kulit yang tertutup pakaian. Jika Anda juga menggunakan tabir surya atau sunblock, oleskan tabir surya terlebih dahulu kemudian lotion anti nyamuk. Namun, sebaiknya tetap lindungi tubuh Anda dengan krim anti nyamuk meski Anda sedang berada di rumah. Kemudian oleskan lagi krim anti nyamuk menjelang waktu tidur karena nyamuk demam berdarah juga aktif sepanjang malam.

Tips pakai lotion anti nyamuk untuk anak-anak:

  1. Selalu ikuti petunjuk pemakaian ketika menggunakan lotion antinyamuk untuk anak-anak.
  2. Jangan gunakan losion obat nyamuk pada bayi berusia di bawah 2 bulan.
  3. Jangan mengoleskan krim ke tangan, mata, mulut, dan kulit anak yang sedang luka atau teriritasi.
  4. Untuk losion antinyamuk dalam bentuk spray, maka orang dewasa harus menyemprotkan dulu ke tangan mereka, baru kemudian dioleskan ke wajah anak.
  5. Untuk anak di bawah 3 tahun tidak disarankan menggunakan produk yang mengandung minyak lemon eucalyptus (OLE) atau para-menthane-diol (PMD).
Baca Juga ...   Manfaat Daun Kelor Yang Ampuh Dalam Perawatan Kecantikan

5. memangkas dan membersihkan tanaman liar di pekarangan rumah

Pekarangan hijau dan penuh bunga memang membuat penampilan rumah makin cantik dan apik. Namun, Anda harus rajin-rajin merawatnya agar tidak malah jadi sarang nyamuk. Rerumputan lebat dan kumpulan ilalang liar yang tidak terawat dapat menjadi sarang nyamuk tersembunyi.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.