Seleb

Ahli Medis dan Sahabat Menanggapi Soal Serangan Jantung Ashraf Sinclair

Kematian Ashraf Sinclair bukan saja memukl relung batin sang istri Bunga Citra Lestari dan buah hati semata wayangnya yaitu Noah Sinclair. Tapi disaat yang sama dibalik kedukaaan yang juga dirasakan oleh netizen hingga para idola terselip tanda Tanya apa yang menyebabkan suami BCL tersebut mendadak menghebuskan nafas terakhirnya.

“Olahraganya kenceng makannya bersih, makannya selalu dijaga,”

“Yang pasti kaget karena kan kita tidak menyangka bahwa itu bisa kejadian sama Ashraf seseorang yang sehat. Jadi yang saya rasain sih kaget dan sedih. Sepengetahuan saya dia tidak memiliki riwayat penyakit,”

Serangan jantung atau Infark miokard akut sesuatu keadaan atau sindroma klinis dimana berhentinya aliran darah oleh karena ada sumbatan pada pembuluh darah arteri coroner sehingga aliran darah yang menuju ke otot jantung terhalang. Sehingga dapat menimbulkan manifestasi beberapa keluhan-keluhan seperti nyeri dada sebelah kiri di balik tulang dada yang bisa menjalar ke rahang kiri, ke lengan kiri sampai ke punggung. Hal ini bisa terjadi oleh karena adanya plak. Terjadinya plak atau kita ilustrasikan seperti kayak kerak atau karang-karang di dalam pembuluh darah itu oleh karena ada factor resiko namanya. Factor resiko itu dibagi dua secara kelompok besar, yang pertama factor resiko yang dapat dikendalikan yaitu yang pertama diabetes atau sakit kencing manis, yang kedua penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, kemudian adanya peningkatan kadar kolesterol di dalam darah peningkatan kadar daripada trigliserida dalam darah, kemudian adanya peningkatan berat badan atau obesitas, kemudia ada kurang bergerak, terpapar asap terutama rokok baik secara aktif maupun pasif. Kemudian yang paling sering sekali adalah kurang tersenyum atau terpapar stress namanya. Terus yang kedua kelompok yang tidak dapat dikendalikan seperti secara genetik dari turunan kita dari secara verkital orang tua atau leluhur kita kemudian secara horizontal sepupu kita atau saudara kandung kita. Ada juga usia, kalau dahulu laki-laki itu di atas 40 tahun sudah memiliki kecenderungan untuk memiliki penyakit jantung coroner atau disingkat PJK, sekarang malah di usia-usia milenial berlomba-lomba lebi muda lagi yang sudah menderita penyakit jantung coroner. Kalau wanita terkait dengan hormone biasanya setelah usia-usia menopause atau 55 tahun ke atas. Kalau dia berhenti haid di bawah 55 tahun itu malah lebih besar kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung.

Baca Juga ...   Kisah Pertemuan Pertama Bunga Citra Lestari Dan Ashraf Sinclair

Sebagai factor pencetus yaitu aktivitas yang padat atau kelelahan fisik yang berlebihan misalnya olahraga atau stress, stress Karena pekerjaan ataupun stress secara psikologi . jadi olahraga itu sendiri banyak secara umum kurang dipahami bahwa olahraga itu harus dihentikan bila tercapai dengyut jantung 220 kurang umur kali 65 persen sampai 85 persen. Kalau sudah tercapai 85 persen apalagi sampai 100 persen harus dihentikan. Jadi hal-hal yang begini harus kita waspadai jadi olahraga itu bukan hanya karena sudah merasa capek atau sudah berkeringat. Kembali ke serangan jantung bisa olahraga yang berlebihan yang menyebabkan menjadi trigger atau pencetus terjadinya serangan jantung.

Jika Ashraf keletihan boleh jadi cukup beralasan. Apalagi dihari sebelum pergi ke pangkuan illahi ia baru saja pulang dari Amerika Serikat. 5 hari lalu sebelum kematian ia bahkan sempat memposting video treatment untuk mengencangkan otot tubuh. Disamping manfaat positif guna mengencangkan otot tubuh rupanya Ashraf lupa memperhitungkan efek sampingnya.

Baca Juga ...   Pemeran Firman Ditiadakan Dari ‘Cinta Yang Hilang’, Netter Kecewa

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.