Life

Bahayakah Bagi Penderita Maag Jika Mengkonsumsi Kopi

Untuk orang yang mempunyai penyakit maag, selalu disarankan untuk tak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Salah satu minuman yang mengandung kafein ini sangat dilarang yakni minum kopi. Biasanya, kopi dapat menjadikan maag Anda menjadi kambuh. Namun, apa betul orang yang mempunyai penyakit maag tak boleh mengkonsumsi kopi sama sekali?

Kafein yang  ada pada kandungan kopi bisa meningkatkan produksi asam serta peradangan pada lambung. Tak hanya itu, kafein bisa menjadikan cincin otot kerongkongan rileks dalam bagian bawah, sehingga asam lambung akan naik hingga ke kerongkongan, sebagaimana untuk penderita refluks asam lambung (GERD).

Kopi, bahkan kopi yang mengandung kafeinnya yang rendah sekalipun, sudah terbukti dapat merangsang produksi asam. Mengkonsumsi kopi terlebih ketika perut kosong akan meningkatkan keasaman pada perut, yang lalu bakalan menimbulkan rasa mulas serta gangguan pada pencernaan.

Baca Juga ...   Hal Yang Mungkin Bisa Menghilangkan Cita Rasa Secangkir Kopi

1

Ini sebab asam dari lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. Karenanya, dada maupun tenggorokan dapat terasa panas serta terbakar. Situasi ini disebut dengan heartburn. Berdasarkan penelitian, orang yang sehat biasanya dapat minum hingga 200 miligram kafein sama dengan satu hingga dua cangkir tiap harinya, dengan tak ada efek samping tertentu. Akan tetapi mereka juga dapat terserang insomnia serta sakit perut maag disebabkan oleh kopi.

Terlebih untuk mereka yang mempunyai riwayat maag, di mana kafein dapat jadi faktor pendorong kambuhnya sakit maag tersebut. Jadi, alangkah baiknya untuk mengurangi mengkonsumsi kopi, yakni paling banyak satu cagkir kecil untuk tiap satu hari. Apabila lebih dari ukuran itu, dikhawatirkan asam lambung bakalan meningkat serta maag pun menjadi kambuh.

Baca Juga ...   Benarkah Dengan Mengkonsumsi Kopi Dapat Memperpanjang Usia?

Anda juga dapat memilih kopi yang kandungan kafeinnya sedikit, sebab kandungan kafein dapat berbeda-beda berdasarkan cara pengolahannya. Makin lama kopi dipanggang, makin hitam warnanya, maka makin tinggi pula kandungan kafeinnya. Tak hanya itu tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi ketika perut kosong. Artinya konsumsilah kopi usai makan makanan padat. Mengkonsumsi secangkir air hangat saat bangun tidur, serta kemudian sarapanlah sebelum akhirnya dapat menyeruput kopi kesukaan Anda.

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.