Barat

Shepard Fairey, Seniman Kritik Donald Trum Lewat Karya Seni

Shepard Fairey adalah seorang seniman yang namanya mendunia setelah membuat poster Barack Obama ketika pemilihan presiden Amerika Serikat. Saat ini, Shepard membuat karya seni yang berfokus untuk mengkritik politik yang terjadi di Amerika ketika dipimpin oleh Donald Trump.

Fairey diketahui membuat poster yang didalamnya termuat gambar wanita muslim, latin, dan Afro-Amerika. Poster ini dibuat pada saat sebelum Donald Trump dilantik menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat. Ia mencoba mengubah kondisi sosial yang terjadi di Amerika saat ini melalui karya seni  berkolaborasi dengan seniman yang bernama Jessica Sabogal dan Ernesto Yerena.

Tak heran jika kemudian poster ini menjadi highlight media masa kala itu. Poster ini diberi nama ‘We the People’ yang mana dalam poster tersebut disebutkan oleh Fairey sebagai representasi dari orang-orang atau kelompok terabaikan oleh Donald Trump. Hal ini terlihat dari seringnya Donald Trump mencaci dan mencela kelompok tersebut pada kesempatan pidatonya.

Kami berpikir mereka adalah tiga kelompok yang selama ini dicela oleh Trump dan mungkin akan terbaiakan sepanjang kepemimpinan Trump,” terangnya seperti dilansir CNN, Selasa (28/11/2017).

Tak hanya Fairey saja seniman yang nampak berani menunjukkan protes politiknya secara tegas kepada Donald Trump. Ada beberapa seniman lain yang mengikuti jejak Fairey dalam menunjukkan protesnya kepada Trump. Mereka menilai bahwa Trump merupakan sosok pemimpin yang tidak menghormati kaum minoritas. Selain itu, Trump juga dikenal tidak menghormati wanita dan juga mempunyai ego yang tinggi. Oleh karenanya, Trump dianggap berbahaya bagi mereka.

Dia presiden yang bergerak berdasarkan egonya. Trump itu berbahaya,” lanjutFailey.

Failey mengaku bahwa apa yang ia sampaikan tersebut merupakan hal baik yang ia lakukan melalui karya seni. Melalui keahlihannya tersebut pula ia percaya bahwa ia beruntung memiliki kesempatan yang baik dalam berargumen di dunia politik seperti saat ini.

Baca Juga ...   Kim Kardashian Ingin Cerai dengan Kanye West, Keselamatannya Terancam?

Yang saya katakan dari suara kritis karya saya, adalah kesempatan untuk membuat argumen balik,” pungkas Failey.

 

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.