News

Elpiji Baru tiga kilogram untuk Siapa?

Jakarta – PT Pertamina (Persero) tengah melakukan uji pasar pasar terkait produk elpiji baru tiga kilogram (kg) kategori nonsubsidi.

Seperti yang dikatakan Arya Dwi Putri, External Communication Manager PT Pertamina “Bright Gas tiga kilogram itu masih uji pasar”

Elpijji baru tiga kilogram ini mempunyai warna merah muda (pink) seperti Bright Gas ukuran 5,5 kilogram. Sementara untuk bentuk dan ukuran elipji baru tiga kilogram ini sama dengan elpiji hijau atau yang sering kita sebut elpiji melon seberat tiga kilogram.

Menurut Arya, uji pasar tersebut dilakukan sejak November 2017 dan rencananya akan tetap berlangsung hingga Maret 2018 mendatang.

Kemudian Arya juga menegaskan, uji pasar yang dlakukan bukan bagian dari upaya menggantikan elpiji tiga kilogram yang berwarna hijau.

“itu (elpiji tiga kilogram nonsubsidi) tidak menggantikan elpiji tiga kilogram yanghijau, kalau yang hijau itu ada di pasar yang peruntukannya terbatas pada rakyat miskin seperti yang tertulis di badan tabungan untuk masyarakat miskin,” tambah Arya.

Kemudian, untuk  harga elpiji tiga kilogram yang baru PT Pertamina belum diputuskan.

“untuk haga sementara belum diputuskan, ini masih tahap iji coba sehingga harga nanti ditetapkan. Nanti setelah itu (uji coba) kami tarik lagi baru kami evaluasi hasilnya” ujar Arya.

Menurutnya, dilakukan uji coba produk elpiji tiga kilogram yang baru agar penyaluran elpiji subsidi (melon yang berwarna hijau) bias tepat sasaran kepada masyarakat miskin.

Pasalnya, selama ini orang-orang yang bukan rakyat miskin masih banyak menggunakan elpiji tiga kilogram bersubsidi.

Menurut Arya, terdapat beberapa alasan yang kerap kali dijadikan masyarakat bukan miskin yang menggunakan elpiji tiga kilogram subsidi. Salah satunya kepraktisan. Untuk itu dari persoalan tersebut, solusi yang ditawarkan oleh PT Pertamina yakni dengan uji coba elpiji tiga kilogram non subsidi.

Sehingga diharapkan, masyarakat bukan miskin menggunakan elpiji tiga kilogram nonsubsidi yang berwarna merah muda.  Karena pada dasarnya masyarakat mampu atau bukan miskin tidak mempunyai hak atas pemakaian elpiji tiga kilogram hijau.

 

 

 

Join The Discussion