News

BI luncurkan GPN untuk Efisiensi

Jakarta – Bank Indonesia hari ini meluncurkan Gerbang pembayaran Nasional atau yang disingkat (GPN). Di mana dari peluncurkan tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi sistem pembayaran di perbankan.

Gatot Trihargo selaku Debuti Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  menjelaskan, dengan adanya Gerbang pembayaran Nasional (GPN) maka bank dapat menekan capital expenditure atau yang sering kita sebut capex atau dalam bahasa Indonesia disebut belanja modal untuk infrastruktur.

“jadi bank bisa sharing, dengan PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN) dan Link bisa investasi hanya ¼ saja,” ujar Gatot pada acara peluncuran GPN di gedung BI, Jakarta, senin (4/12/2017).

Baca Juga ...   Tips Memiliki Kulit Kinclong Bak Wanita Korea

Ia juga menjelaskan, dampak dari adanya kesinergian antar bank, maka tahun ini bank yang bergabung dalam Himbara dapat melakukan moratorium untuk tidak lagi membeli mesin ATM dan mesin-mesing ATM yang sudah ada dapat didistribusikan ke daerah-daerah lain.

“agar masyarakat di daerah bisa menggunakan mesin-mesin itu. Lalu  untuk para nasabah kita juga sudah menurunkan tarif transfer antar bank BUMN melalui jaringan Link dari Rp 6.500 ke Rp.4000 dan untuk cek saldo tarifnya digratiskan,” ujar Gatot  selaku Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan.

Agus Matowardojo selaku Gubernur BI juga menjelaskan, GPN ini aka menuai dampak yang positif. Pasalnya GPN ini dapat menekan  biaya investasi dan infrastruktur perbankan.

Baca Juga ...   Kecocokan Yang Dirasakan Oleh Pasangan Yang Seumuran

“Dalam 1 menit saja terjadi setidaknya 10.000 transaksi baik debit maupun kredit, GPN adalah sistem yang aman nyaman dan efisien,” ujarnya.

Lalu pada sisi bank BUMN juga mendukung keras serta siap untuk dijalankannya GPN.  Pasalnya dalam GPN ini, bank BUMN ini telah mempesiapkannya selama satu tahun untuk persiapan switching ATM.  Switching ATM ini memungkinkan adanya fitur yang sama sepeti yang diberikan kepada nasabah.

“jadi nanti fitur di semua bank Negara akan muncul menu yang sesuai artunya. Misalnya kartu Mandiri digunakan di mesin ATM BNI maka akan terbuka fiturnya Mandiri,” tambah Gatot.

Sebagai informasi GPN ini dilaksakan dengan tiga lembaga penyelenggara antara lain Standard, Switching, dan Services.

Baca Juga ...   Najwa Sihab Ungkap Alasan di Balik Berhentinya Penayangan Mata Najwa!

 

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.