News

Sempat Disinggahi Bondan Winarno, Gubuk Penjual Ikan Rica-Rica Makassar Kebagian Berkah

Bondan Winarno merupakan seorang tokoh yang senantiasa mengangkat derajat kuliner nusantara. Dengan gayanya yang khas, Bondan selalu mampu memberikan penggambaran yang menggoda tentang masakan khas nusantara yang diperkenalkannya. Hampir semua jajanan kuliner tradisional yang tersebar di Indonesia telah dicicipi presenter kuliner yang terkenal dengan slogan “maknyuss” tersebut, termasuk kuliner khas suku Bugis-Makassar, seperti ikan rica-rica.

Ikan rica-rica asli kota Daeng yang pertama kali dikenal oleh Bondan adalah ikan rica-rica yang dijual di gubuk kecil milik almarhum Daeng Oyo. Gubuk ikan rica-rica tersebut berada di emperan Jalan Gunung Merapi, Makassar. Berdasarkan pegakuan, Bonda sangat tertarik dengan rica-rica karena aroma ikan yang begitu sedap ketika dibakar daiatas arang.

Baca Juga ...   Hay Guys Dampak Kurang Istirahat Dapat Menurunkan Nafsu Makan Lo, Berhati-hatilah!

“Dulu masih almarhum Bapak yang kelola di sini, saat Pak Bondan datang mencoba ikan rica-rica. Kalau tak salah tahun 2007 silam,” kata Rusli, anak almarhum Daeng Oyo yang saat ini mengelola usaha ikan rica-rica pada hari Senin (4/12/2017).

“Dulu pernah mau dibongkar karena memang gubuk ikan rica-rica yang almarhum Bapak dirikan berada di atas drainase dan kadang memacetkan jalan. Tapi alhamdulillah, sampai saat ini kami diberi kesempatan lanjut usaha,” kata Rusli.

Berdasarkan keterangan Rusli, saat pertama kali Bondan mencicipi ikan rica-rica di kedainya, ia mengira rasa ikan tersebut sangat pedas. Bagaimana tidak, ikan rica-rica yang terlihat begitu terkesan pedas dengan lumuran cabai. Namun ketika Bondan memakannya, ia justru ketagihan dan  minta tambah.

Baca Juga ...   Saat Hamil Janganlah Memakai Kosmetik Yang Sembarangan

“Alhamdulillah dia pun jamin ikan rica-rica ini akan tenar dan selalu menjadi buruan bagi pencinta kuliner ikan,” kata Rusli.

Rusli mengaku sangat kehilangan Bondan setelah kepergiannya beberapa saat yang lalu. Menurut Rusli, Bondan bisa disebut sebagai pahlawan karena senantiasa memperkenalkan khasanah keragaman Indonesia melalui kuliner. Selain itu, Bondan juga dianggap telah mengangkat derajat masakan khas nusantara menjadi makanan kelas dunia.

“Selamat jalan Pak Bondan. Saya dan keluarga akan terus mengenang Bapak dan sangat berterima kasih atas kunjungan Bapak dulu, sehingga gubuk jualan ikan rica-rica kami sampai sekarang bertahan dan ramai pengunjung,” kata Rusli.

 

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Punya Bayi Mungil, Ini Alasan Utama Kenapa Yashmine Wildblood Selalu Membawanya Kemana-Mana? Termasuk Syuting

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.