News

Tito Karnavian : Polri Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2018

Tahun 2017 tidak terasa sudah berada di penghujung waktu. Tidak lama lagi tahun 2018 akan hadir,menariknya adalah karena tahun 2018 merupakan tahun politik dimana beberapa Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan. Adapun daerah-daerah yang akan melaksanakan pilkada pada tahun 2018 antara lain adalah Povinsi Jawa Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan bererapa daerah lainnya.

Menanggapi tahun politik tersebut, Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh jajaran Korps Kepolisian Air dan Udara untuk turut andil dalam membantu distribusi logistik Pilkada 2018. Hal tersebut dianggap penting demi mendukung kesuksesan pilkada khususnya di daerah terpencil.

Menurut Tito Karnavian daerah-daerah terpencil seperti di Papua amat membutuhkan bantuan dari kepolisian maupun TNI, terutama dalam hal pendistribusian logistik pemilu aga bisa sampai di tempat pemilihan tepat waktu.

“Saya pengalaman Kapolda Papua ada wilayah perairan, Raja Ampat, Biak, dan lain-lain. Polairud penting sekali karena belum tentu di daerah itu ada kapal, belum tentu ada perahu,” kata Tito di sela acara HUT Korps Polairud di Lapangan Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (4/12/2017).

Selain itu, Tito juga berharap Kepolisian dan TNI bisa bekerja sama dan berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu dalam pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang. Menurut Tito, tanpa koordinasi dan kerjasama yang baik antara Polisi, TNI dan pihak penyelenggara Pemilu, Pilkada serentak dengan hasil yang optimal akan sangat sulit diwujudkan.

“Maka diharapkan pada waktu hari H dilaksanakan serempak di seluruh wilayah,” ujar dia.

Tito juga menambahkan, dalam pendistribusian logistik khususnya di daerah tertinggal, sering kali ada penghalang yang dapat menghambat, misalnya gelombat air laut atau tidak adanya transportasi. Sehingga, sering kali Pilkadanya baru dapat dilaksanakan 2-3 hari kemudian. Itulah yang menjadi landasan Polri siap untuk membantu menyukseskan pilkada serentak tahun 2018

“Kita upayakan serentak itu bisa dipenuhi,” ucap Tito dengan tegas.

 

Join The Discussion