News

Jendral Gatot Dicopot, Akankah Ada Imbas Politik?

Hari ini merupakan puncak dari segala desas-desus pergantian Panglima TNI. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo resmi menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Marsekal Hadi Tjahjanto. Hadi sudah dipilih dan dilantik secara langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi untuk menjadi orang nomor satu di TNI. Berita ini diisyukan akan cukup mempengaruhi tensi politik kalangan elit di Indonesia

Upacara penyerahan tongkat komando tersebut diawali dengan pembacaan SK Presiden Joko Widodo mengenai pencopotan Panglima TNI lama dan pengangkatan Panglima yang baru. Setelah SK dibacakan, Jenderal Gatot menyerahkan tongkat komando kepada Hadi Tjahjanto. Selepad itu, Atraksi 10 pesawat Sukhoi pun terbang di udara mengiringi prosesi sakral tersebut.

“Pagi hari ini secara resmi saya berikan tongkat pimpinan TNI. Selamat menjalankan amanah yang tidak ringan namun mulia ini,” ujar Jendral Gatot Nurmantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Sabtu (9/12/2017).

Baca Juga ...   Apa Sih Alasan Banyak Lelaki Jaman Now Lebih Suka Menjomblo?

Dalam prosesi pergantian pimpinan tertinggi TNI tersebut, para Perwira Tinggi TNI hadir dalam acara. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh angkatan yang ada di TNI. Marsekal Hadi resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot yang akan segera purna tugas pada Maret 2018. Surat penunjukan Hadi diserahkan Mensesneg Pratikno kepada Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Senin 4 Desember lalu.

Menanggapi surat dari pemerintah, DPR langsung menyelenggarakan sidang paripurna pada tanggal 5 Desember 2017. Kemudian Marsekal Hadi diminta untuk menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI di Komisi I DPR.

Setelah hasil fit and proper test keluar, hasil tersebut langsung di bawa kembali ke sidang paripurna DPR. Seluruh anggota parlemen menyetujui penunjukan Hadi sebagai Panglima TNI. Usai proses tersebut, Hadi dilantik oleh Presiden Jokowi pada Jumat, 8 Desember 2017.

Baca Juga ...   Nasehat Anggia Chan ke Sahila Hisyam Jelang Dilamar Vicky Prasetyo, Awas Tabungan Lo Habis.. Nah Lo

Marsekal Hadi yang lahir di Malang, Jawa Timur pada 1963 ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986. Dia mengawali karier sebagai Perwira DP Lanud Adi Sutjipto pada 1987. Karier Hadi berlanjut menjadi Kepala Seksi Latihan Skuadron Udara 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh pada tahun 1993.

Pada 2010, Hadi menjabat sebagai Komandan Lapangan Udara Adi Soemarmo. Setahun kemudian, dia menjabat tugas di luar TNI AU menjadi Perwira Bantuan I/Rencana Operasi TNI dan Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara. Selanjutnya Pada November 2016, Hadi dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Tiga bulan setelah menjabat sebagai Irjen Kemenhan, Hadi terpilih menjadi Kepala Staf Angkatan Udara, pada 18 Januari 2017.

Baca Juga ...   Ini foto Prewed Jill Gladys dan Billy Soelaiman

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.