News

BPJS Ketenagakerjaan Hadir untuk Tenaga Kerja Indonesia di Singapura

Singapura – BPJS (Badan Penyelnggara Jaminan Sosial) ketenagakerjaan telah memperluas layanan hingga Singapura.

Pasalnya,  Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan telah menandatangani nota kesepahaman dengan kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Sabtu lalu 9 November  2017 di Singapura.

Adapun penandatanganan ini dilakukan oleh Duta besar Republik Indonesia untuk Singapura I Ngurah Swajaya dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto di Gedung KBRI Singapura.

Maksud dan tujuan diadakan kerjasama ini tak lain untuk memberi perlindungan bagi pekerja migran Indonesia, mengingat banyaknya orang Indonesia yang bekerja di sana.

“geografi Indonesia  sangat luas dan terdiri dari kepulauan, belum lagi pekerja yang tersebar di beberapa Negara,” ujar agus

Baca Juga ...   Bagaimankah Kiranya Bentuk Vagina Yang Normal ?

Sehingga diharapkan sinergi anatara BPJS Ketenagakerjaan dan KBRI Singapura dapat melindungi pekerja Indonesia yang bekerja di sana.

“inilah bentuk nyata sinergi antara dua lembaga yakni BPJS. Ketenagakerjaan dan KBRI Singapura dalam hal memberikan perlindungan bagi para pekerja migran indonesia,” ujar Agus.

Kemudian belum lagi geografi Indonesia  sangat luas dan terdiri dari kepulauan,

Kemudian program ini mempunyai sasaran yakni dapat melindungi pekerja migran Indonesia (pmi) di Singapura sebanyak 78.689. baik yang bekerja di sektor formal maupun informal.

Untuk cakupan kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan KBRI Singapura menurut Agus, mencakup beberapa hal.

Salah satunya yakni penguatan edukasi dan sosialisasi tentang jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS.

Baca Juga ...   Niatan Baik Justru Mendapatkan Celaan, Pasti Sebel Banget Bukan?

“Ruang lingkup kerja sama juga mencakup integrasi data para pekerja Indonesia di Singapura. Basis data akan didapat dari KBRI Singapura serta data kependudukan Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Agus juga menambahkan, dengan adanya layanan BPJS Ketenagakerjaan di Singapura merupakan implementasi dari peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 7 Tahun 2017, mengenai tambahan tugas baru sebagai penyelenggara program perlindungan bagi seluruh pekerja migran.

Namun terlepas dengan itu BPJS, agus  juga mengatakan peran BPJS juga sebagai pemberdayaan bagi para tenaga kerja Indonesia di Singapura.

Dan rupanya hal tersebut disambut baik oleh pekerja Indonesia yang ada di Singapura, seperti yang disampaikan Halimah (32) tentang hadirnya layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga ...   Tangkuban Parahu Erupsi, Abu Menjulang 200 Meter

“ini  memberi rasa aman bagi kami ketika tengah bekerja di luar Indonesia.”

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.