News

Beberapa Alasan Darah Haid Jadi Lebih Sedikit

Beberapa kaum hawa selalu mengeluh saat akan ataupun berlangsungnya haid, mulai dari perut kram, pusing, hingga darah haid yang keluar terlalu banyak. Itu karenanya saat datang menstruasi terasa lebih ringan dari biasanya bakalan disambut dengan hati yang senang.

Intensitas darah haid yang lebih sedikit memang lebih menjadikan seorang sista menjadi nyaman, akan tetapi sebetulnya hal tersebut juga dapat menjadi salah satu pertanda ada masalah. Berdasarkan salah satu dokter spesialis reproduksi serta endokrin Lina Akopians Ph.D, menstruasi yang lebih ringan biasanya dikarenakan oleh adanya pengaruh hormonal maupun faktor struktural (yang artinya ada sesuatu yang terjadi dalam organ tubuh wanita tersebut).

Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa darah haid jadi lebih sedikit ketimbang bulan-bulan sebelumnya.

  1. Hamil
Baca Juga ...   Ketika Menjadi Anak Kos Beberapa Keresahan Berikut Ini Pasti Dirasakan Oleh Orangtuamu

3

Beberapa kaum hawa yang tetap mengalami haid walaupun sebetulnya tengah hamil. Hanya saja biasanya intensitas ataupun volume darah yang keluar lebih sedikit. Meskipun jarang, bercak darah juga dapat menjadi sebuah pertanda adanya kehamilan atopik (hamil anggur). Apabila ragu, secepatnya lakukan tes kehamilan.

  1. Fluktuasi berat badan

Zat-zat kimia yang ada di dalam tubuh manusia sebetulnya amatlah sensitif. Itu karenanya kenaikan maupun penurunan berat badan yang drastis dapat berpengaruh terhadap kandungan hormonal. Salah satu tandanya yakni “tamu bulanan” jadi lebih sedikit maupun waktunya lebih pendek. Supaya menstruasi selalu normal, tubuh memerlukan asupan protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dengan seimbang.

  1. Mengalami stres yang berat
Baca Juga ...   Keluhan Yang Dirasakan Oleh Pegawai Kantor Yang Sering Kerja Lembur

1

Tekanan batin yang berat, misalnya seperti kematian anggota keluarga, dapat menimbulkan menstruasi mengalami gangguan. Stres memang dapat mempengaruhi secara langsung untuk fisik.

  1. Menggunakan pil KB

Alasan yang paling kerap terjadi darah haid jadi sedikit yakni dengan pemakaian kontrasepsi hormonal. Sebagian dokter kadang kala meresepkan kontrasepsi tersebut untuk wanita yang mengalami darah haid yang sangat banyak.

  1. Faktor usia

Tak berarti Anda tua, namun wanita yang telah mulai masuk pada usia menopause biasanya merasakan voleme darah yang keluar lebih sedikit.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Keluarga Mohon agar Kematian Selebgram Desy Nurhakiki Tidak Bikin Heboh

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.