Life

Khasiat Yang Tersembunyi Pada Susu Dapat Menurunkan Penyakit Diabetes Melitus

Dalam pemikiran setiap orang selama ini susu sama dengan sumber kalsium bagi kesehatan gigi serta kesehatan tulang. Padahal, dalam penelitian terbaru memberikan kesimpulan bahwa susu memiliki khasiat dalam menurunkan risiko penyakit kronis misalnya saja penyakit diabetes.

Review yang diumumkan pada tahun 2015 dari 50 riset membuktikan bahwa lemak trans khususnya asam trans palmitoleat yang terdapat dalam susu mampu menurunkan diabetes melitus. Minum susu juga berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung serta pembuluh darah, termasuk dalam memperkecil kandungan trigliserida serta tekanan darah sistolik.

Kesimpulan ini dikuatkan dengan adanya penelitian yang lain, contohnya saja hasil meta-analisis dengan 22 riset pada tahun 2016 juga menyatakan bahwa asupan susu yang pas mampu menurunkan risiko obesitas serta terjadinya diabetes.

Baca Juga ...   Anda Keturununan Diabetes? Yuk Cegah dengan Gerakan Yoga Ini

2

Berdasarkan penjelasan dari salah satu ahli gizi Dr.Marudut, khasiat susu terhadap penyakit tak menular diperoleh sebab adanya kandungan asam lemaknya. Asam lemak yang terdapat dalam susu unik serta kompleks. Bukan hanya tak membahayakan bagaikan asam lemak lain, namun juga dapat memperbaiki kesehatan.

Dalam susu mengandung asam lemak yang ada 50 jenis asam lemak, mempunyai kandungan karbon rantai genap serta karbon rantai ganjil, dan juga mempunyai asam lemak trans yang diproduksi oleh proses biohidrogenasi. Lemak trans pada susu asalnya dari pakan ternak yang dicerna di usus oleh bakteri jadi asam lemak trans. Ini amatlah berbeda dengan proses lemak trans yang ada pada makanan yang lainnya, yaitu melalui sebuah proses hidrogenasi maupun penambahan atom hidrogen. Contohnya saja dalam margarin.

Baca Juga ...   Hindari Beberapa Tipe Cowok Di Bawah Ini, Jika Hatimu Mudah Rapuh

Satu gelas susu rata-rata mengandung 3 hingga 4 persen lemak susu serta dari jumlah lemak ini, 90 persen terdiri dari lemak jenuh, 3,7 persen lemak trans, serta 5,3 persen asam lemak yang tak jenuh. Marudut mengungkapkan bahwa memang belum terdapat tolak ukur yang baku berapa konsumsi susu untuk tiap harinya.  Pada banyak riset, untuk memperoleh manfaat susu tersebut dapat dikonsumsi 2 hingga 4 porsi tiap hari susu cair yang masih terdapat lemak.

 

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Tetap Prima Saat atau Setelah Berolahraga dengan Minum Susu Cokelat

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.