News

Kelebihan Pemakaian KB Implan Generasi Terbaru

Alat kontrasepsi dalam jangka panjang misalnya saja implan mempunyai banyak kelebihan untuk pencegahan terjadinya kehamilan. Apalagi ksekarang ini ada implan generasi yang paling anyar yang lebih praktis sebab hanya terbuat dari satu implan.

Impan maupun orang awam mengatakannya dengan susuk KB isinya berupa hormon progestin yang dilepaskan sedikit demi sedikit lewat pori-pori batang implan dalam masa kerja 3 hingga 5 tahun. Di Indonesia ada banyak sekali jenis implan. Berdasarkan pendapat dr.Julianto Witjaksono, Sp.OG(K), pada tahun 1980-an KB implan amatlah tenar di kalangan masyarakat Indonesia. Saat itu dipakai implan yang isinya hingga 6 batang.

Sebab implan KB diletakkan di bawah kulit, maka apabila jumlahnya ada batang kerap muncul kesulitan dalam pengambilannya usai masa kerjanya habis. Sekarang ini implan 6 batang telah tak dipakai lagi. Generasi KB implan yang paling baru hanya terdiri dari dua maupun satu batang dengan ukuran yang amat kecil, hanya 1 hingga 2 milimeter.

Baca Juga ...   Tips Membersihkan Telinga Yang Benar

1

Makin sedikit batang implannya, pastinya dalam penggunaannya makin gampang dengan tidak mengurangi manfaatnya. Pemasangannya dapat dilakukan oleh dokter maupun bidan yang telah memperoleh pelatihan.

Implan dengan isi dua batang yang dipakai di kalangan masyarakan Indonesia sangat efektif dipakai hingga kurun waktu 5 tahun. Sementara implan satu batang dapat digunakan hingga 3 tahun. Sekarang ini juga telah ada implan satu batang memakai sistem radiopag, jadi jika ingin diangkat dapat di-USG letaknya di mana.

Kelebihan dari implan KB yakni gampang dipakai serta tingkat efektivitasnya untuk mencegah terjadinya kehamilan hingga 99,9 persen. Ditambahkan Julianto, pemakaian implan juga dapat secara cepat memperoleh kesuburannya usai alat kontrasepsinya tidak dipakai lagi. Bagi ibu menyusui kb implan ini juga aman untuk digunakan. Efek jangka panjang pemakaian KB tersebut yakni dapat menurunkan risiko kehamilan yang ada di luar kandungan. Implan KB bekerja memakai cara menekan hormon yang menimbulkan ovulasi serta membuat kental lendir serviks sehingga dapat mencegah masuknya sperma menuju rahim.

Baca Juga ...   Tips Sederhana Agar Tetap Nyaman Tidur Ketika Cuaca Panas

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.