Life

Efek Yang Terjadi Jika Tinggal Bersama Mertua

Apakah sekarang ini Anda tinggal satu rumah bersama ibu mertua Anda? salah satu riset paling anyar membuktikan bahwa hidup satu atap dengan ibu dari suami Anda atau kerap disebut dengan nama mertua dapat memiliki efek dengan jumlah anak yang dipunyai oleh pasangan suami istri (pasutri). Bagaimana dapat keduanya saling memiliki pengaruh?

Sebetulnya baru ada sebuag riset yang dijalani oleh Susanne Huber, Patricia Zahourek, serta Martin Fieder yang berasal dari Departemen Antropologi, University of Vienna di Austria. Beberapa peneliti tersebut mempelajari apa efek apabila seorang istri tinggal satu atap bersama dengan ibunya sendiri maupun dengan ibu pasangannya. Demi memperjelas adanya pengaruh kehadiran ibu serta ibu mertua dengan jumlah anak yang dipunyai oleh pasutri, Fieder bersama teman-temannya memantau catatan kesehatan lebih dari 2,5 juta perempuan usia subur dari 14 negara yang berada di semua dunia. Data tersebut dihimpun dari sensus IPUMS-International.

Baca Juga ...   Gejala-Gejala Yang Akan Dialami Ketika Anak Di Serang Cacingan

Dalam penelitiannya, beberapa peneliti mempertimbangkan banyak variabel. Termasuk juga jumlah anak yang sudah dilahirkan oleh istri, usia istri, perkiraan waktu reproduksi istri, dan apakah ibu kandung maupun ibu mertua mereka turut campur tangah pada kehidupan rumah tangga para pasutri yang sedang mereka analisis.

1

Kemudian bagaimanakah kiranya hasilnya? Para peneliti mendapati bahwa untuk sebagian besar kasus, pasutri tak memilih untuk hidup dengan ibu kandung ataupun ibu mertua mereka. Terkecuali perempuan yang hidup di Iran, kebanyakan wanita yang telah menikah hanya tinggal dengan pasangan mereka saja dengan tidak membawa anggota keluarga yang lain. Di luar hal ini, pada 13 negara lain misalnya saja Pakistan, Zambia, Romania, Brasil, serta Amerika Serikat (AS), masih ada beberapa wanita yang hidup bersama dengan ibu mertua mereka.

Baca Juga ...   Mengapa Anak Lebih Suka Jajan? Salah Satu Ayah Melarang Penjualan Kinder Joy Pada Minimarket

Untuk negara-negara ini, riset membuktikan bahwa perempuan yang tinggal dengan ibu kandung maupun ibu mertuanya mempunyai anak yang jumlahnya lebih sedikit ketimbang perempuan yang hanya tinggal berdua bersama suaminya.

Pada kebanyakan keluarga, adanya mertua dapat jadi suatu beban finansial tersendiri. Walaupun mertua dapat amat membantu pasutri saat mengasuh anak, tidak bisa dipungkiri bahwa pasutri juga butuh mempersiapkan banyak kebutuhan orangtuanya. Maka dari itu beban pasutri menjadi bertambah, yakni mengurus anak serta orangtua mereka.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Hindari Pemakaian Parfum Yang Salah

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.