Life

Fakta Kutu Rambut yang Banyak Orang Tidak ketahui

Mungkin orang yang ada di perkotaan jarang sekali mempunyai masalah dengan kutu rambut. Namun hal itu bukan berarti tidak ada bukan?

Keberadaan kutu di rambut sering kali menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Karena keberadaannya sering membuat gatal dan merusak keindahan rambut. Namun tahukan anda tentang fakta dan informasi mengenai kutu rambut tersebut.

  1. Kutu rambut selalu menyebar saat musim semi dan panas. Di mana ketika suhu menghangat sampai dengan panas sekitar 32 derajat Celcius.
  2. Penyebaran kutu rambu sangat cepat sama seperti kutu busuk yang ada di serat kain.
  3. Kutu rambut dapat ‘menggandakan dirinya’ atau dengan kata lain dapat berproduksi dalam waktu singkat.
  4. Kutu rambut mempunyai usia yang singkat yakni sekitar 3-4 minggu. Di mana menjadi tiga tahap, yakni fase telur, fase dewasa dan fase dewasa berproduksi.
  5. Satu kutu rambut betina mampu bertelur 2,4 sampai 5 kali dengan total sekitar 70 telur dalam seminggu
  6. Setiap kutu rambut betina bertelur sekitar 24-28 jam setelah terjadi pembuahan sang kutu rambut jantan.
  7. Kutu rambut tidak bisa terbang atau juga meloncat. Karena kutu rambut tidak mempunyai sayap ,Sehingga penyebarannya kutu rambut dari orang satu ke orang lain melalui sisir, topi atau apapun yang digunakan di kepala.
  8. Kutu rambut tidak bisa hidup di bulu hewan hanya bisa mampu hidup di rambut manusia.
  9. Rasa gatal yang diakibatkan kutu rambut bersumber pada air liur yang dikeluarkan oleh kutu rambut.
  10. Kutu rambut menyukai rambut yang bersih. Seperti yang dikatakan DR Hannah Chow-Jhonson, asisten professor pediatric di sekolah Kedokteran Universitas Loyola Chicago Stritch.

“ jangan merasa malu kalau memiliki kutu. Kutu rambut lebih tertarik pada rambut yang bersih dan mengkilap.  sehinga asumsi bahwa hanya orang-orang kotor yang memiliki kutu adalah salah,” pungkasnya.

  1. Kutu rambut bisa membuat anemia. Hal ini diketahui oleh seorang wanita berumur 22 tahun asal Arab Saudi dalam jurnal BMJ Case Report, menyatakan bahwa wanita tersebut memiliki kutu yang cukup banyak sampai-sampai kekurangan darah.

Berita Terkait :

One Response

  1. Tania Nasywa Agustus 24, 2018

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.