Life

Libur Natal, Penumpang Kereta Api Ekonomi Medan-Binjai Membludak

Libur Natal telah tiba, berdasarkan keterangan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah penumpang kereta api kelas ekonomi di Medan melonjak tinggi. Lonjakan penumpang tersebut diperkirakan naik sekitar 150 persen dibanding biasanya.

“Load factor penumpang kereta api kelas ekonomi di Medan sampai 150 persen saat Natal dan Tahun Baru,” kata Sugihardjo selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub, dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (24/12/2017).

Sugiharto mengaku pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) maupun Direktorat Jendral Perkeretaapian Kemenhub untuk membicarakan persoalan ini. Sugiharto berharap ada alternative yang bisa silakukan KAI misalnya dengan menambah kapasitas jurusan Medan-Binjai.

Tidak sampai disitu, Sugiharto juga menjelaskan bahwa saat ini terdapat empat rankaian kereta api Medan-Binjai. Sugiharto mewacanakan kedepannya akan ditambah kapasitas sebesar 50 persen, dengan kata lain jumlah rangkaian kereta akan bertambah menjadi enam unit.

Baca Juga ...   Tips Rahasia Berkomunikasi Efektif Ala Mahasiswa Kedokteran

“Penambahan kapasitas ini akan cukup membantu. Hanya saja stok kereta api kelas ekonomi seperti itu tidak tersedia di sini. Kami akan bahas di tingkat pusat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat yang masih membutuhkan kereta ekonomi,” jelas Sugiharto

Dia menambahkan bahwa ada masukan yang disampaikan padanya dari Kadishub Kota Medan, Renward Parapat. Renward memberikan usulan agar ada penambahan satu atau dua stasiun di tengah perjalanan kereta dari Medan menuju Binjai. Rute Medan-Binjai dapat digolongkan sebagai rute pendek karena hanya berjarak tempuh 25 km.



Mau HP Murah Berkualiatas? BACA INI DULU

“Kalau di tengah-tengahnya bisa ada tambahan satu atau dua stasiun itu akan menbantu masyarakat dan juga menambah permintaan,” ujar Sugihardjo.

Baca Juga ...   Stuart Collin Akui Dirinya Jualan Gorengan

Berdasarkan keterangan dari Sugiharto, Pemerintah Daerah (Pemda) atau Wali Kota Medan sudah menyiapkan lahan di Lapangan Merdeka untuk dikelola dan digunakan sebagai lahan parkir. Pemerintah juga akan membangun skybridge atau jembatan yang menghubungkan antara stasiun kereta api ke tempat parkir di Lapangan Merdeka.

“Skybridge sudah akan kita perbaiki sehingga tidak harus menyeberang jalan. Naik ke jembatan penyeberangan itu akan memudahkan,” pungkas Sugihardjo.

 

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.