Life

Mengapa Terdapat Rambut di Payudara Sekitar Puting

Jakarta – tak hanya pria, rambut di daerah dada juga kadang tumbuh pada wanita. Meski hanya bulu-bulu halus saja, kadang rambut ini muncul di payudara sekitar puting. Namun apakah hal tersebut normal?

Sebenarnya bulu halus yang tumbuh di payudara sekitar puting merupakan hal yang normal. Jadi, anda tidak perlu khawatir. Pasalnya bulu halus yang tumbuh di daerah tersebut karena adanya folikel rambut, yang biasanya muncul pada masa-masa puber.

Berikut ulasan rinci mengapa terdapat bulu-bulu halus di payudara sekitar puting.

  1. Kenaikan hormon

Kenaikan hormon dapat menyebabkan tumbuhnya rambut di sekitar payudara.namun tidak semua peningkatan hormon dapat menyebabkan hal seperti itu loh sobat. Kenaikan Hormon testosteron yang dapat memunculkan rambut halus disekitar payudara. Biasanya kenaikan hormon di alami pada wanita muda sekitar masa puber.

Baca Juga ...   Aktivitas Anak Kost Yang Selalu Membuat Rindu Ketika Sudah Berpisah

Adapun kenaikan tertinggi hormon testosterone pada umumnya pada remaja akhir yang memasuki usia 20 tahun.

  1. Hamil

Munculnya rambut halus di sekitar payudara kemungkinan karena efek samping dari kehamilan. Pasalnya, hormon pada ibu hamil pada umumnya meningkat. Sehingga menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat dan tidak mudah rontok.

Jadi tidak usah khawatir, selain tidak berbahaya namun juga rambut yang ada di sekitar payudara perlahan akan hilang karena setelah melahirkan hormon akan kembali normal yang kemudian rambut di sekitar payudara akan rontok.

  1. Polychystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polychystic Ovary Syndrome (PCOS) yang disebut juga sindrom ovarum polikistik adalah tidak seimbangnya antara hormon estoregen dengan hormon progestoren pada wanita yang kemudian ketidakseimbangan kedua hormon tersebut menyebabkan perubahan hormon lainnya. Dan berujung paada perubahan lainnya  seperti perubahan rambut halus yang tumbuh di sekitar payudara.

  1. Obat-obatan
Baca Juga ...   Frekuensi yang Tepat untuk Mencuci Rambut

Obat-obatan tertentu juga bisa memicu pertumbuhan rambut yang berlebihan di sekitar payudara. Adapun obat-obatan yang di maksud yakni obat-obatan yang terkit dengan testosterone, denazaol, seroid anabolic, fenitoin, glukokorikoid, dan cyclosporine.

  1. Hirsutisme

Hirsutisme disebabkan oleh peningkatan kadar hormon yang menyebabkan fitur lainnya berubah. Adapun fitur lainnya terkait periode menstruasi yang tidak teratur dan hilangnya kesan feminim.

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.