News

Jagalah Jarak Kehamilan Dengan Ber- KB Pasca Melahirkan

Jarak kehamilan yang sangat dekat adalah salah satu bahaya kematian ibu yang ada di kawasan Indonesia. Umumnya, untuk memiliki anak lagi seorang ibu harus membutuhkan waktu 4 hingga 5 tahun. Berdasarkan pendapat dr.Eni Gustina MPH, proses pemulihan tubuh ibu supaya siap hamil kembali memerlukan waktu kira-kira 4 tahun.

Jarak kehamilan tersebut sangatlah penting untuk diatur. Dengan jarak kehamilan yang pas, ibu memiiliki waktu yang cukup demi menjalani pemulihan untuk kesehatannya usai hamil serta proses persalinan.

Untuk ibu yang tak terburu-buru hamil lagi, bayi juga mempunyai peluang yang cukup untuk memperoleh ASI eksklusif saat 6 bulan pertama, menyusui sampai 2 tahun, dan juga untuk tumbuh serta berkembang secara maksimal. Semua ini pastinya bakalan meningkatkan kesehatan keluarga, dan juga menurunkan risiko kematian ibu serta anak.

Baca Juga ...   Makanan Dengan Kandungan Protein Terbaik Demi Menurunkan Berat Badan

1

Kementrian Kesehatan bersama DKT Indonesia mengeluarkan sebuah kampanye yakni Melahirkan Kebahagiaan” dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember tahun ini. Pokok dari dari kampanye ini yakni menekankan kembali pentingnya memakai kontrasepsi usai persalinan sebagai salah satu usaha dalam menekan angka kematian ibu serta bayi.

Alat kontrasepsi setelah melahirkan yang dapat dipilih demi menjaga jarak kehamilan yakni KB jangka panjang, misalnya saja IUD (spiral) serta implan. Dahulu biasanya ibu menjalani KB menunggu hingga masa nifas usai 6 minggu pasca proses persalinan. Akan tetapi sekarang ini dengan canggihnya ilmu serta teknologi, pilihan metode KB setelah persalinan amatlah bermacam-macam serta bisa dipakai secepatnya usai melahirkan.

Baca Juga ...   Lelaki Kaya Dan Berpenghasilan Di Atas Rata-Rata Berpeluang Besar Untuk Seligkuh

Pemasangan alat kontrasepsi seperti IUD sekarang ini telah bisa dipasang pada waktu 10 menit usai plasenta lahir sampai kurang lebih 48 jam usai persalinan. Pilihan-pilihan pemakaian kontrasepsi lain juga bisa dipakai sebelum masa nifas usai, termasuk pilihan-pilihan metode yang tak mengganggu penghasilan ASI. Semakin cepat seorang ibu melakukan pemasangan KB usai melahirkan, maka makin baik untuk menjaga jarak kehamilan.

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.