News

Rasa Kepercayaan Seutuhnya Harus Diberikan Pada Sang Anak

Seberapa besar rasa percaya Anda sebagai orangtua pada sang anak? Ketahuilah, kepercayaan yang anda berikan secara penuh pada sang anak adalah salah satu modal besar untuk kemampuan tumbuh kembang si kecil.

Dengan begitu, berdasarkan ahli Pendidikan serta Parenting Najelaa Shihab, sebelum anak dapat mengembangkan potensi yang ia miliki, orangtua yang mesti terlebih dahulu memberikan kepercayaan pada sang anak.

Anak membutuhkan rasa kepercayaan dulu dari orang tua, lantas dia bakalan membuktikan jika dia dapat melakukan sesuatu,” ungkap Najelaa. Orangtua memberikan rasa kepercayaan penuh pada si buah hati hanya sampai umur dua tahun. Rasa percaya itu dapat tercermin bahwa si kecil dapat berjalan sampai berbicara.

Baca Juga ...   Putuskan Berhijab, Fenita Arie Mundur Sebagai Host Acara Gosip

1

Akan tetapi setelah usia dua tahun saat sang anak mulai bergaul, bermain, orangtua mesti mengurangi kepercayaannya. Najelaa mengatakan, ia pernah bertemu bersama orangtua yang kurang percaya dengan anaknya ketika dititipkan ke sekolah. Orangtua itu selalu meminta guru demi menjaga, dan selalu memperhatikan pada sang anak sebab sering terjatuh.

Beberapa langkah ketika orangtuanya keluar, sang anak juga langsung terjatuh. Jika seperti itu, kira-kira apa yang ditangkap oleh sang anak? ‘Aduh kamu gak bisa nak’. atau ’ibu serta ayah tak percaya jika aku bisa’, sehingga akhirnya betul-betul jatuh,” ujar Najelaa. Maka dari itu, Najelaa mendorong supaya orangtua memberikan rasa kepercayaan penuh untuk sang anak.

Baca Juga ...   Bahaya Penyakit Anemia Untuk Anak

Rasa kepercayaan tersebut penting untuk anak supaya ia selalu tumbuh kembang dan bisa menjalani semua hal. Yakinlah bahwa anak anda bisa menjalani semuanya dengan sendiri agar sang anak bisa lebih berkembang dan kreatif jika sebagai orangtua memberikan kepercayaan yang seutuhnya untuk sang anak.

Kita sebagai orangtua harus memberikan dukungan serta suport untuk sang anak agar sang anak yakin bahwa dia bisa melakukannya sendiri. Semangat para orangtua yakinlah anak anda pasti bisa.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Tantangan Besar Bagi Orangtua Dalam Mengajarkan Kebiasaan Baik Bagi Anak-Anaknya

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.