Life

Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara saat ini adalah salah satu momok bagi kaum wanita yang ada di kawasan Indonesia. Penyakit tersebut jadi faktor kematian terbesar kaum wanita kedua usai kanker serviks. Berdasarkan data penelitian dari Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan RI di tahun 2013, kanker payudara dialami oleh 50 setiap 100.000 penduduk. Apabila tak secepatnya ditangani, maka akan berujung pada kematian.

Deteksi dini adalah salah satu cara yang sangat efektif demi mendapatkan penyakitnya secara dini, sehingga kesempatan kesembuhan sangatlah besar. Kebanyakan wanita yang hadir terlambat ke dokter. Kira-kira 70 persen pasien baru mengunjungi rumah sakit dan dalam situasi stadium berat.

Tak hanya menjalani pemeriksaan payudara sendiri, kanker juga dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan mamografi. Pemeriksaan tersebut dapat anda lakukan setahun sekali. Jika telah berumur 40 tahun ke atas amat dianjurkan untuk mamografi serta USG payudara.

Baca Juga ...   Tips Menunda Hadirnya Menopause Dengan Mengkonsumsi Sayuran Serta Daging

Kanker payudara tak selalu diikuti dengan benjolan. Mamografi bisa didapati dari adanya sel kanker, bahkan sebelum timbul adanya benjolan. Jika diraba tak ada benjolan tidak menjamin tak adanya kanker. Gejala lain yakni adanya perubahan warna aerola menjadi kian gelap, serta tekstur kulit payudara bagaikan kulit jeruk.

2

Sekecil apa pun perubahan yang dialami harus anda segera periksakan. Segeralah kunjungi klinik serta rumah sakit. Apalagi saat ini banyak sekali pasien kanker payudara yang umurnya masih muda-muda. Mempunyai pola hidup sehat disarankan sebagai salah satu cara dalam pencegahan terjadinya kanker. Contohnya saja tak merokok, tak makan dan minuman beralkohol, banyak makan buah serta sayur, dan juga menjalani aktivitas fisik dengan rutin.

Baca Juga ...   Ubahlah Minset Janganlah Terpaku dan Berlarut-Larut Dengan Masa Lalu, Move On Adalah Kunci Kesuksesan

Sangat penting untuk wanita mendapat sosialisasi serta pendidikan mengenai kesehatan payudara. Pada jaman modern dengan banyak perkembangan penyakit yang beraneka macam, tren perempuan terpapar.

Penting sekali untuk mendeteksi secara dini adanya kanker payudara agar peluang untuk kesembuhannya pun juga besar. Jagalah kesehatan serta pola hidup sehat agar anda terhindar dari kanker.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.