News

Manfaat Dibalik Menggaruk Kepala Saat Dilanda Stres

Menggaruk – garuk kepala, menggaruk telapak tangan, artaupun kerap kali kita mengusap pelipis, bisa jadi banyak gestur yang dilakukan saat tengah dilanda stres. Namun demikian, beberapa dari kita yang bahkan tidak tahu mengapa secara serentak melakukan gestur tersebut.

Ada beberapa teori mengapa manusia dam juga primata yang lain melakukan gestur tersebut. Sebab yang paling utama yaitu untuk menghadapi gangguan. Sebagai contoh, alasan menggaruk dari gigitan nyamuk yaitu untuk menghilangkan dari rasa gatal yang telah menyerang kita. Menggaruk kepala bisa menolong kita dalam menghadapi rasa stres yang memiliki fungsi yang sama. Hanya aja, tidak itu manfaat utama kita dalam garuk-garuk kepala ataupun gestur yang lain saat dilanda stres.

Baca Juga ...   Atasi Masalah pada Pisau Cukurmu

penelitian dari University of Plymouth mengemukakan bahwa delapan bulan penelitian di Puerto Riko dalam mempelajari suatu kawanan kera rhesus. penelitian ini melihat secara khusus gestur kera, khususnya saat kera tengah menggaruk-garuk tubuhnya. Tim riset lantas memperoleh banyak pola sosial yang menarik.

2

Pertama, kera lebih kerap melakukan garukan pada tubuhnya saat terjadi peningkatan tekanan sosial, contohnya saja bergaul bersama individu yang mempunyai pangkat tinggi ataupun yang tidak mereka kenal dengan baik. Kedua, ketika kera melakukan garukan pada bagian tubuhnya di depan kera lain menjadi gestur stres, cara tersebut dapat turun hingga 25 persen risiko adanya kera lain yang menjadi agresif, bahkan membuat kera lain lebih mempunyai sikap yang lebih ramah.

Baca Juga ...   Jika Anda Tengah Mengalami Perselisihan Dengan Si Doi, Selesaikanlah Secara Baik-Baik

Beberapa peneliti menilai, kera juga bisa mengenali sahabatnya yang sedang dan juga membuat mereka tidak mau berinteraksi secara lebih dekat. Penyerang potensial dapat terhindari dari penyerangan individu yang terlihat stres ataupun banyak tekanan. Alasannya karena orang yang mengalami banyak banyak tekanan dapat mempunyai sikap yang tidak dapat diprediksi contohnya saja memberikan agresi yang memiliki resiko ataupun perilaku yang tidak harus, ungkap para peneliti dalam makalah mereka.

Jadi, menurut riset ini, alasan mengapa Anda menggaruk kepala ataupun menjalani gestur yang lain saat dilanda stres yaitu untuk mengutarakan pada dunia bahwa Anda sedang dilanda stres. Dan itu pun diinginkan agar bisa membuat dunia sedikit lebih baik dengan Anda sebagai balasannya. Demikian yang bisa kami sampaikan semoga memiliki manfaat untuk anda semuanya.

Baca Juga ...   Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.