News

Cara Mendidik Agar Anak Memiliki Moral Yang Baik

Apa yang jadi sebuah tolak ukur untuk jadi orang tua yang terbaik? Apakah berdasarkan juara anak saat di sekolah jadi satu – satunya pedoman? Apa yang mesti dilakukan demi menjadi orang tua yang terbaik? Ternyata bukan seperti itu.

Banyak kajian mendapati bahwa terbukti beberapa orang tua lebih mengutamakan perkembangan kepribadian dan juga moral anak – anak mereka. Mereka lebih berupaya untuk usaha – usaha yang dijalani oleh sang anak mereka demi menggapai keinginannya, bahkan melihat anak mereka jadi anak yang memiliki sifat yang baik hati, tenggang rasa serta senang menolong.

Kemudian bagaimana cara mendidik anak supaya mereka mempunyai sifat – sifat di atas? Memang tidak hal yang gampang untuk menjalaninya, akan tetapi lihatlah salah satu video ini yang membuktikan seorang anak laki – laki Syria yang membagi rotinya dengan teman – temannya meskipun tengah dalam peperangan.

Baca Juga ...   Rina Nose Minta Maaf Setelah Memaki Haters

Kenapa bisa seperti itu? Gimana ya cara kedua orang tua anak ini mendidiknya sehingga ia begitu memiliki sifat yang baik hati? Dalam kenyataannya pada umur 2 tahun anak – anak sudah mengenali hal yang baik serta hal yang buruk. Maka, demi membiasakan anak memiliki sikap yang benar, khususnya untuk berbagi bersama orang lain maka beberapa riset menganjurkan demi memuji mereka ketimbang memberikan mereka hadiah.

2

Alasannya yakni sebab hadiah bakalan menjadikan sang anak berfokus dengan hadiah sehingga menjadikan anak memiliki sikap baik hanya apabila ada hadiahnya. Akan tetapi apabila kita memberikan pujian maka anak bakalan mengerti bahwa bersikap baik serta peduli terhadap orang lain itu baik juga untuk mereka lakukan.

  1. Pujian yang bagaimana yang semestinya kita ungkapkan pada sang anak?
Baca Juga ...   Nani Darham Ditangkap Polisi Kasus Narkoba

Salah satu psikolog mendapati bahwa kata benda bakalan lebih efektif ketimbang dengan kata kerja. Misalnya saja untuk contoh pujian “Wah hebat kamu nak, kamu adalah seorang penolong!” bakalan lebih efektif ketimbang dengan pujian misalnya : Hebat kamu nak, kamu memang senang menolong!”

  1. Mengingatkan sang anak apabila berbuat salah

Hal yang sama juga berlaku untuk hal – hal buruk yang dilakukan oleh sang anak. Untuk menyadarkan mereka tentang apa yang mereka lakukan merupakan hal yang tak baik kita mesti dapat mengajarkan mereka mengenai rasa malu serta rasa bersalah.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Cara Ampuh Membedakan Gombalan Dengan Pujian Yang Diucapkan Lelaki

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.