Life

Faktor Utama Adanya Pernikahan Anak Di Perkotaan

Pernikahan anak bukan cuma dialami di kawasan desa, akan tetapi juga di kawasan perkotaan, yang penduduknya biasanya memiliki pendidikan yang kebanyakan memiliki pendidikan yang tinggi. Berdasarkan data yang kami peroleh angka pernikahan anak di daerah kota sampai dengan 17,09 persen, sedang di kawasan desa sebesar 27, 11 persen.

Tak heran ini jadi masalah yang baru, sebab di satu sisi penekanan penyelesaian masalah tersebut dilakukan di daerah pedesaan, sementara sisi perkotaan menjadi terabaikan. Mengapa pernikahan anak di daerah perkotaan masih juga terjadi?

Amrullah, menjelaskan bahwa terdapat aneka macam penyebab pernikahan anak di daerah perkotaan, mulai dari perilaku yang memiliki resiko tinggi sampai normal sosial serta kepercayaan yang bermacam-macam.

Baca Juga ...   Dear Para Cewek Ini Ada Beberapa Tips Agar Anda Segera Dilamar Oleh Pacarmu

Dalam perilaku yang berisiko, ungkap Amrullah, akarnya merupakan pola asuh orangtua yang hilang. Orangtua terlalu sibuk dalam urusan pekerjaan serta membiarkan anak masuk dalam kegiatan yang berisiko misalnya saja pergaulan bebas. Contoh anak-anak yang telah berani meninggalkan rumah serta hidup di luar, di jalan,” ujar Amrullah.

Ia menambahkan lagi teknologi yang semakin canggih memberikan anak akses dengan hal-hal yang sebenarnya belum mereka butuhkan. Contohnya saja akses dengan kontrasepsi yang semakin gampang dengan layanan online dengan tak harus datang ke penjual. Semua ini tidak terlepas dari kurangnya pendidikan dengan remaja dari orangtua yang akhirnya membuka kesempatan menikah pada usia anak.

2

Faktor yang lain yang turut andil yakni norma serta nilai yang dibawa dari desa menuju ke kota. Telah di sadari jika perkotaan terdiri dari banyak suku serta budaya yang mempunyai norma serta nilai masing-masing. Kita tidak bisa mengendalikan migrasi, yang akhirnya mereka dari daerah membawa norma serta nilai ke kota lantas menikah, katanya.

Baca Juga ...   Anggapan Yang Salah Mengenai Lelaki Gemuk Memiliki Ukuran Penis Yang Pendek

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Amrullah mengakui tidak dapat memakai cara seperti di pedesaan yang membentuk kelompok perlindungan anak desa (KPAD). Karena karakteristik desa serta kota sangatlah berbeda, terutama menegnai norma serta nilai yang benyak di perkotaan.

Maka dari itu, ia memilih untuk masuk melalui anak-anak muda yang memang telah sadar teknologi. Remaja di perkotaan dianggap mempunyai ciri khas mau praktis serta mendapat konseling secara langsung dari para ahlinya.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Penyebab Strech Mark dan Cara Menghilangkannya

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.