News

Cegahlah Kanker Serviks Secara Dini

Fakta paling aktual mengatakan bahwa kanker serviks jadi salah satu sebab kematian paling tinggi di tanah air. Padahal, jika didapati ketika pra-kanker, virus HPV karena kanker ini bisa dicegah agar tidak berkembang menjadi kanker.

Kanker serviks dialami pada daerah leher rahim serta kerap kali ditemukan dalam stadium lanjut. Angka harapan hidup pasien juga menjadi menipis. Menurut dr.Med Firman Santoso, Sp.OG, kanker serviks bisa dicegah dengan dua cara, yang utama yakni vaksinasi HPV yang dapat dilakukan pada anak mulai usia 9 tahun.

Trik lain dalam menemukan sel prakanker yakni dengan pemeriksaan pap smear. Diperiksa setahun sekali mulai seorang wanita telah melakukan aktivitas seks, ungkap Firman. Dengan menjalani pap smear dijalani dengan cara mengambil sel dari serviks, lalu diperiksa dengan mikroskop dalam mengetahui adanya kelainan dalam serviks. Langkah tersebut seharusnya dilakukan di hari ke 10 hingga 20 terhitung dari mulainya siklus haid.

Baca Juga ...   Surprise, Ultah Yeonjun TXT Dirayakan MOA

2

Apabila dibutuhkan bisa dilakukan pemeriksaan dengan cara diteropong dalam melihat area sekitar leher rahim yang terjadi perubahan. Jika ada, nanti area ini bakalan diangkat maupun dilakukan prosedur LEEP, dapat juga dengan laser. Rumah sakit di Indonesia dapat menjalaninya hal ini juga, ungkap salah satu dokter.

Pap smear seharusnya dilakukan teratur setahun sekali. Makin dini kanker didapatkan, maka semakin besar kesematam untuk kesembuhannya. Firman mengatakan, pada umumnya virus HPV dapat diatasi dengan imunitas tubuh sendiri. Jika sistem kekebalannya bagus dapat  mencegah kanker, namun ada kondisi khusus yang menjadikan virus ini berkembang menjadi sebuah kanker, contohnya saja gizi buruk, penyakit autoimun, maupun terkena infeksi menular terus menerus sehingga infeksinya bisa terkjadi, tambahnya.

Baca Juga ...   Jagalah Jarak Kehamilan Dengan Ber- KB Pasca Melahirkan

Jadi menjadi seorang perempuan itu sangatlah rawan dengan semua penyakit. Maka dari itu rawatlah diri anda semaksimal mungkin dan usahakan menjalani pap semer secara teratur agar penyakit kanker dapat dicegah secara dini. Dan mendapatakan banyak peluang kesembuahan jika cepat ditangani secara dini.

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.