News

Tips Menghilangkan Rasa Pedas Setelah Mengkonsumsi Cabai

Kebanyakan orang yang senang makanan yang pedas, bahkan hanya ingin makan jika ada sambalnya saja. Akan tetapi rasa pedas yang over dosis dapat menimbulkan kepedasan, sensasi yang mengakibatkan terbakar di dalam lidah, serta tubuh mengeluarkan keringat. Rasa pedas tersebut sebetulnya ditimbulkan oleh suatu senyawa yang terdapat dalam kandungan cabai tersebut. Nah, bagaimanakah kira-kira cara mengatasi kepedasan tersebut?

Saat seseorang menggigit cabai, senyawa yang memiliki nama capcaisin bakalan menempel di reseptor lidah. Kemudian, reseptor dalam lidah bakalan membawa sinyal menuju otak bahwa tubuh sudah menyentuh sesuatu yang rasanya amat pedas sehingga pada beberapa orang, mereka dapat mengeluarkan keringat ketika merasa kepedasan.

Baca Juga ...   Mantan Kekasih Rafii Ahmad Kembali Meminkan Peran Setelah 5 Tahun Vakum

Dalam rasa pedasnya, cabai baik bagi saluran pencernaan. Untuk yang telah terjadi sembelit, cabai dapat memperkuat gerak peristaltik yang ada pada usus sehinga membuat lancar proses buang air besar. Untuk metabolisme tubuh dengan cara keseluruhan, cabai menjadikan proses pembakaran kalori berlangsung dengan lebih efisien.

Tak hanya mengandung capsaicin, cabai juga terdapat vitamin C, vitamin A, mineral, antioksidan serta mengandung serat di dalamnya. Akan tetapi mengkonsumsi cabai dengan jumlah yang banyak bakalan menjadikan Anda terengah-engah sebab merasa kepedasan. Apabila Anda mau meredakannya dengan mudah, cobalah makanan maupun minuman berikut ini dalam mengatasinya.

  1. Mengkonsumsi susu

Demi menghilangkan rasa pedas, beberapa ahli menemukan cara yang pas yang dapat anda lakukan yakni dengan mengkonsumsi susu. Dalam penelitiannya, peneliti mendapati bahwa protein dalam susu dapat menggantikan senyawa kimia yang menjadikan cabai terasa pedas serta menyebabkan sensasi panas dan juga terbakar.

Baca Juga ...   11 Orang Tewas Akibat Banjir dan Longsor Di Pacitan

Capcaisin merupakan senyawa kimia yang terdapat dalam cabai yang menjadikannya terasa pedas serta panas. Susu mempunyai kandungan protein yang dapat menggantikan capcaisin dalam reseptor lidah Anda. Sehingga, dengan mengkonsumsi susu merupakan salah satu cara paling cepat dalam meringankan rasa pedas serta sensasi terbakar yang hadir dalam lidah anda.

1

  1. Nasi maupun roti

Nasi maupun roti bisa menyerap rasa terbakar yang disebabkan oleh capsaicinoid. Ini bakalan meredakan kepedasan dalam mulut anda. tak hanya itu, pisang juga dapat membantu untuk meredakan rasa pedas yang membakar mulut anda.

  1. Gula

Saat merasa pedas jangan mengkonsumsi air. Capsaicinoid memiliki bahan dasar minyak serta tak bakalan mampu dihilangkan dengan mengkonsumsi air. Akan tetapi Anda dapat mencoba makan sesendok teh gula utuh maupun madu dalam menghilangkan rasa pedas tersebut.

Baca Juga ...   Polisi: Kita Tunggu Jika Benar Rizieq Shihab Akan Pulang ke Indonesia

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.