Life

Selain Menyehatkan Kulit, Bengkoang Menyimpan Banyak Manfaat lainnya

Jakarta – Di Indonesia, bengkoang biasanya di sebut juga umbu putih. yang kemudian Bengkoang ini yang memiliki nama ilmiahnya Pachyrhizus Erosus  biasa dikonsumsi  langsung tanpa dimasak untuk campuran salad, rujak atau pun sebagai lauk.

Bengkoang tak hanya eksis di Indonesia namun dibeberapa Negara lain nya bengkoang juga sudah eksis. Di mana bengkoang ini banyak ditanam di Asia, Amerika Tengah, Karibia, dan beberapa Amerika Selatan.

Selain itu bengkoang yang disebut juga lobak Meksiko, yang termasuk dalam kelompok kacang ubi jalar yang berkerabat dengan kedelai dan kacang-kacangan mempunyai banyak khasiat. Seperti vitamin C dan rendah kalori.

Jika dijabarkan setiap 100 gram bengkoang mengandung 0,7 gram protein, 1,8 gram gula, 8,8 gram karbohidrat, 0,6 mg zat besi, 4,9 gram serat, 18 mg fosfor, 12 mcf folat, 4 mg sodium, 21 IU vitamin, 150 mg potasium dan 8,8 gram korbohidrat dan Vitamin B1.

Baca Juga ...   Berbagai Manfaat Jika Mengkonsumsi Telur Ikan

Kemudian saat bengkoang matang  mempunyai  manfaat sebagai pestisida, karena biji bengkoang mengandung rotene.

Sementara bengkoang yang mentah mempunyai manfaat bakteri baik dalam usus dan prebiotik atau makanan yang membantu perkembangbiakan probiotik.

Ekstrak bengkoang juga diduga berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes. Meski demikian hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut lagi.

Kemudian manfaat selanjutnya dari bengkoang yaitu dapat membuat kulit lebih sehat, seperti yang sudah disinggung di atas bahwasannya bengkoang ini kaya akan vitamin C, vitamin B, dan Alkali sehingga sangat bagus sekali untuk kesehatan kulit. Di mana Bengkoang ini dapat mebuang kulit mati, menghindari penuaan dini  dan dapat melembabkan kulit.

Masih dalam manfaat bengkoang, bengkoang juga berguna sekali untuk melancarkan pencernaan. Karena bengkoang ini mengandung banyak serat. Baiknya konsum rutin seminggu 3 kali agar mendapatkan pencernaan lancar dengan hasil yang terbaik.

Baca Juga ...   Manfaat Me Time Yang Ternyata Bermanfaat Sekali Bagi Kita

Bagi kalian yang menderita biri-biri, bengkoang bisa menjadi solusi penyembuhan. Pasalnya penyakit biri-biri ini disebabkan karena kekurangan vitamin B1 yang kemudian bengkoang ini banyak mengandung B1, sehingga sangat cocok sekali bila dikonsumsi bagi penderita biri-biri.

 

 

 

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.