Life

Tahukah Anda Awal Mula Aksen Sobek-sobek atau Distrasse pada jeans?

Jakarta – Seorang pengamat mode dan piñata gaya, Erlangga S Negoro berkata akan selalu ada setiap tahunnya aksen sobek-sobek atau distrasses pada jeans.

Namun, tahukah anda awal mula aksen sobek-sobek atau distrasse pada jeans?

Menurut  informasi yang dijelaskan Erlangga akses sobek-sobek atau distrassse pada jeans mulai popular pada tahun ‘80an.

“awalnya memang pada era ‘80an dan dipopulerkan sebagai street style oleh grup-grup rhythm and blus (R&B). grup rock pada tahun ‘80an itu justru (pakai) kulit,” pungkas Erlangga.

Aksen sobek-sobek tersebut kemudian berlanjut ke era ‘90an dan dipakai oleh masyarakat pada masa itu secara umum.

Namun makna pemakaian akses sobek-sobek di era ‘80an dan 90’an ini berbeda. Karena menurut Erlangga, gaya busana degan aksen sobek-sobek pada era ‘80an digunakan untuk menarik perhatian dan menganggetkan public. Sehingga terkesan meletup, norak dan banyak warna.

Baca Juga ...   Ini Usaha Nirina Zubir Agar Berumur Panjang Demi Buah Hati

Sementara, di era 90’an makna pemakaian sebagai ekspresi anti-fashion dengan karakter grunge.

“nah, grup band Nirvana dan Green Day pakai celana jeans sobek-sobek karena mereka anti-fashion. Jadi, mereka konser tapi enggak mau kelihatan heboh, ‘pokknya gue maunya kelihatan sama kayak penonton gue yang comfort aja,” ujar Erlangga.

Erlangga juga menambahkan, gaya celana dengan aksen sobek-sobek bukanlah sebuah tren.

“sobek-sobek itu bukan tren karena dia adalah aksen klasik yang selalu ada disetiap musim, mau celana baggy atau celana skinny. Jadi, dia enggak akan pernah mati dan yang berubah-ubah itu siluetnya,”  jelas Erlangga.

Hal tersebut juga senada seperti yang dikatakan Adhita Idris, Country Marketting Head Levi’ Indonesia. Di mana ia mengatakan , aksen semacam itu bertujuan untuk menambah kesan ‘Lived in’ (dipakai) yang personal.

Baca Juga ...   Manfaat Pemberian ASI Untuk Ibu Dan Bayi

“dengan sobekan pada beberapa bagian, jeans terlihat lebih klasik dan merefleksikan keunikan pemakaiannya. Tidak heran bila jeans dengan sobekan menjadi mode yang harus dimiliki,”ujar Idris.

Adapun kaum yang berperan penting dalam mempopulerkan jeans dengan aksen sobek-sobek yakni kaum punk. Di mana kaum punk ini memakai celana jeans dengan aksen sobek-sobek menunjukan bahwa ideologi mereka adalah antikemapanan dan melawan sistem pemerintahan.

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.