News

Manfaat Dan Filosofi Dari Ketan Hitam

Biasanya kita sering makan ketan hitam dengan bentuk bubur maupun tape ketan hitam yang dikonsumsi bersama dengan uli maupun beras yang ditumbuk lalu digoreng serta rasanya kenyal apabila dimakan. Rasa panganan yang mempunyai ciri Indonesia ini adalah perpaduan antara manis, lezat, dan juga asin pastinya. Nah, tidak cuma rasanya yang nyaman di lidah, ketahuilah bahwa ketan hitam memiliki filosofi di dalamnya?

Chef Ucu Sawitri menyatakan bahwa ketan hitam telah ada mulai zaman Majapahit. Saat itu, sebab rasanya yang enak serta gampang untuk didapat, ketan hitam tidak hanya dikonsumsi oleh para raja saja akan tetapi juga oleh rakyat jelata.

Ketan tersebut merupakan salah satu jajanan khas Indonesia, dari jaman Majapahit telah ada,” ungkap Chef Ucu. Chef Ucu yang juga berposisi sebagai Koordinator Membership Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia ini mengungkapkan bahwa apabila dilihat dari teksturnya, ketan hitam bakalan terasa lengket serta menyatu satu dengan yang lainnya.

Baca Juga ...   Selain Menyehatkan Kulit, Bengkoang Menyimpan Banyak Manfaat lainnya

2

“Itu memberikan arti jika kita berkumpul, kedekatan kita makin erat makin baik,” ungkapnya. Tak hanya itu, rasa manis dalam ketan juga mempunyai arti yakni ketika melakukan pertemuan, diidamkan bahwa pertemuan tersebut akan memberikan sesuatu yang indah-indah.

Tak hanya filosofinya, ketan hitam juga banyak mengandung antioksidan yang sangat tinggi serta memiliki sifat anti-inflasi. Maka ketan hitam memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya diabetes, Alzheimer, anemia, rusaknya sel hati, menghambat penuaan, membersihkan kolesterol dalam darah, kanker, serta tumor.

Ketan hitam juga dapat menjaga kecantikan kulit, menyuburkan rambut serta memiliki manfaat sebagai nutrisi yang memberikan tenaga dalam melakukan aktivitas. Maka dari itu bagi anda yang belum mengetahui apakah manfaat dari mengkonsumsi ketan hitam, sekarang telah mengetahui secara pasti mengenai manfaat serta filosofi dari makan ketan hitam.

Baca Juga ...   Rincian Formasi CPNS 2019 di 34 Kementerian

Jagalah kebersamaan anda selalu dengan teman, kerabat ataupun dengan keluarga anda. contohlah seperti filosofi yang ada pada makanan ketan hitam semakin dekat maka semakin lengket dan semakin baik persahabatan ataupun hubungan antara keluarga, teman, ataupun kerabat anda.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.