News

Sudah KB IUD Tapi Tetap Kebobolan, Apa Sebabnya?

KB adalah salah satu cara yang paling tepat bagi pasangan suami istri untuk mengatur jarak kehamilan. Metode KB intra uterine device atau kerap disebut dengan nama IUD atau biasa dikenal KB spiral diketahui ampuh dalam mencegah kehamilan dengan jangka panjang. Memiliki risiko kegagalan yang rendah, IUD juga lebih praktis sebab sekali dipasang dapat bertahan hingga 5 tahun.

Akan tetapi, pemakaian metode KB ini masih tak digunakan sebab banyaknya alasan misalnya saja takut dengan proses pemasangannya sampai resiko kehamilan yang masih tetap ada. Sebetulnya faktor yang menimbulkan terjadinya peristiwa pendarahan sampai kehamilan bukanlah disebabkan oleh IUD, namun melainkan sebab rutinitas kontrol setelah pemasangan.

Baca Juga ...   Nani Darham Ditangkap Polisi Kasus Narkoba

Dr Trisna Verani SpOG menjelaskan bahwa IUD dipasang dengan trik diselipkan pada rahim. Idealnya alat itu tak akan bergerak dalam posisi tersebut. Akan tetapi, rahim berkontraksi tiap waktu. “Sehingga dapat saja berubah posisi IUD menjadi bergeser,” ujar Trisna.

2

Apabila IUD bergeser maupun berpindah ke bawah arah mulut rahim, maka dapat dilepas. Sementara jika bergeser menuju rongga perut, maka tidak ada cara lain, misalnya operasi. Maka dari itu, Trisna menganjurkan supaya selalu waspada jika merasakan ada sesuatu yang tak nyaman dalam bagian perut misalnya perih serta tertusuk-tusuk. Mesti harus segera diperiksakan pada dokter, imbuhnya.

Kesalahan umum yang kerap ditemui yakni pengguna IUD malas dalam memeriksakan ke dokter. Bahkan, untuk hanya kontrol secara rutin meskipun tak ada keluhan yang jarang. Yang lalu terjadi nya resiko kehamilan sebab IUD mengalami pergeseran.

Baca Juga ...   Merasa Dirinya Dikawal Polisi Saat Terobos Jalur Busway, Ini Jawaban Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya

Karena cara kerja IUD akan menghalangi sperma ketemu dengan sel telur. Nah, jika geser, ya lancar atau bisa dikatakan akan hamil lagi. Maka dari itu, untuk memastikan IUD tak mengalami perubahan posisi ataupun bergeser, maka harus anda kontrol secara rutin supaya tak beresiko hamil lagi walaupun telah terpasang KB spiral. Demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat bagi anda semua. Sering-seringlah kontril ke dokter walaupun tak ada keluhan mengenai KB anda untuk mengetahui posisi IUD apakah mengalami pergeseran ataukah tidak.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Kapankah Saat Yang Tepat Rambut Harus Dipangkas?

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.