Life

Nikah Saat Ini Gak Perlu Bayar Mahal-Mahal Lho Guys, Cukup Nikah Di KUA anda akan bebas Dari Biaya

Menikah adalah salah satu tahapan hidup bagi masing-masing orang yang sangat membuat bahagia, akan tetapi juga memerlukan pengeluaran yang tidak sedikit. Calon pengantin mesti menyiapkan banyak biaya mulai dari mahar, keperluan pesta pernikahan, sampai dengan membayar penghulu. Akan tetapi, tahukah anda bahwa menikah yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) itu gratis ataupun tidak harus mengeluarkan kocek lagi untuk biaya pernikahan.

Aturan nikah gratis yang berlaku di KUA ada dalam Peraturan Pemerintah No 48 tahun 2014. Nah, nikah gratis tersebut hanya berlaku apabila akad nikahnya dilakoni di kantor KUA kecamatan sekitar. Ini artinya, mesti sesuai dengan jam kerja para pegawai KUA. Jika ada di luar kantor KUA, maka anda mesti merogoh kocek yang cukup besar, yaitu senilai 600 ribu rupiah. Hmm, lumayan juga ya guys?

2

Apabila anda tertarik untuk melakukan pernikahan di kantor KUA dengan biaya 0 rupiah, inilah tata cara yang mesti anda pertimbangkan sebelumnya.

  1. pastikan terlebih dahulu tempat untuk akad nikah. Apakah bakalan diselenggarakan di tempat domisilimu maupun calon pasangan anda

Tempat akad memang harus anda pastikan saat pertama kali sebab hal tersebut akan menentukan surat-surat bahkan dokumen yang mesti anda persiapkan. Apabila lokasi akad nikah yang anda tentukan beda dengan KTP domisili, maka anda mesti mengurus surat rekomendasi lebih dahulu dari KUA yang tempat domisilimu dengan alamat yang ada pada KTP. Jadi, pertimbangkan lebih dahulu bersama calon pasangan serta juga keluarga, ya guys!

  1. Usai menentukan tempat akad nikah, persiapkan lebih dahulu surat-surat serta dokumen yang menjadi syarat pencatatan pernikahan

Persiapkanlah berkas-berkas ataupu dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk menikah agar anda segera bisa menikah di KUA setelah segala persyaratan terlengkapi.

 



Berita Terkait :

Join The Discussion