Life

Solusi Sulit Tidur di Malam hari? Lakukan ini!

Jakarta – meskipun mata ingin sekali terpejam, namun seringkali pikiran menjadi tidak karuan yang kemudian menyebabkan kita sulit untuk tertidur.

Di sisi lain, kualitas tidur di malam hari akan mempengaruhi mood dan produktivitas pada keseokan harinya.

Rutinitas kerja yang padat memang kerap membuat kita stress, hingga akhirnya pikiran tidak bisa menjadi tidak tenang, kacau, berantakan yang membuat kita sulit tidur di malam hari.

Kali ini, kamu tak perlu khawatir. Karena ilmuan telah membantu kita untuk menyelesaikan masalah.

Menurut Riset dari Baylor University solusi dari masalah ini yaitu dengan  mencatat agenda harian.

Di mana riset ini dilakukan dengan menggunakan responden 57 orang dewasa muda, yang kemudian mereka diminta menghabiskan waktu selama lima menit sebelum tidur untuk menulis aktivitas beberapa hari kedepan.

Baca Juga ...   Tips Menurunkan Berat Badan Ketika Sedang Tidur

Sementara kelompok lain, diminta untuk menulis daftar tugas apa yang telah mereka selesaikan dalam beberapa hari terakhir.

Para peneliti juga mengukur gerakan mata serta aktivitas gelombang otak mereka.

Selama penelitian berlangsung, peserta tidak diizinkan untuk menggunakan telepon atau melakukan pekerjaan usai lampu dipadamkan.

Hasilnya, mereka yang membuat tugas sebelum tidur, bisa tertidur sembilan menit lebih cepat daripada yang menulis daftar tugas yang telah mereka selesaikan.

Kemudian dari hasil penelitian tersebut juga menunjukan semakin orang tersebut mencatat daftar tugas yang  lebih spesifik maka akan membuat orang tersebut akan cepat  tertidur. Hal ini berarti kualitas dari daftar juga menjadi bagian yang penting untuk membuat orang cepat tertidur.

Baca Juga ...   Trik Agar Tidak Tertidur Lagi Usai Sholat Subuh


Mau HP Murah Berkualiatas? BACA INI DULU

Sementara, bagi mereka yang mencatat daftar tugas yang telah mereka selesaikan semakin banyak akan membuat orang membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur daripada mereka yang memikirkan aktivitas telah lalu lebih sedikit.

Periset menyimpulkan, mencatat tugas-tugas yang akan dilakukan beberapa waktu kedepan dapat “melepaskan” pikiran sehingga membuat pikiran menjadi lebih rilex.

Misalnya, menuliskan pengingat untuk mengirim berkas tertentu di esok hari pukul 10.00 WIB berarti kita dapat berhenti menekankan tentang apakah esok hari kita akan mengingat tugas tersebt.

Hal tersebut berarti memberitahu otak kita bahwa tugas teresbut akan selesai walau bukan saat ini.

Baca Juga ...   Kebiasaan Sepele Yang Mungkin Akan Menggangu Orang

 

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.