News

Sebagai Orangtua Kita Harus Siaga Ketika Anak Mengalami Diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi serta dialami oleh hampir semua anak. Nah, menjadi orangtua, kita pastinya mesti memahami makanan serta minuman yang sesuai, di waktu si buah hati mengalami diare.

Karena, diare yang dialami oleh anak mempunyai risiko lebih tinggi yang menimbulkan kekurangan cairan bahkan dehidrasi, ketimbang diare yang dialami oleh orang dewasa.  Sebetulnya, diare adalah salah satu cara tubuh dalam membersihkan diri dari faktor yang menyebabkan penyakit ataupun racun. 2Bagi anak, penyebab diare yang sangat utama yakni virus yang bernama virus rotavirus. Diare biasanya disertai dengan keluarnya tinja berbentuk encer, terkadang disertai dengan sakit perut, sakit kepala, demam, ataupun sakit kepala.

Baca Juga ...   Bagi Para Ibu Hamil Ini Ada Beberapa Tips Jika Ingin Ibadah Puasa Anda Berjalan Lancar

Suatu situasi bisa dikatakan sudah jadi diare apabila si penderita mengalami buang air besar pada bentuk yang encer, sampai lebih dari tiga kali dalam satu hari. Walaupun sebagian besar diare tak sampai menyebabkan ancaman untuk kesehatan, bahkan bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi tidak berarti orangtua dapat mengabaikannya.

 

Apalagi sampai menyepelekan dalam memberikan asupan minuman maupun makanan yang sesuai serta diperlukan oleh si anak ketika terjadi diare. Beberapa hal yang sangat penting dijalani yakni memberikan minuman serta makanan yang cukup, dan juga memastikan anak beristirahat cukup saat ada di rumah.

Sementara, dengan memberikan obat diare untuk anak, alangkah baiknya jika lewat konsultasi dokter terlebih dahulu. Untuk bayi yang masih menyusui, tetap memberikan ASI untuk si kecil. Untuk anak yang lebih besar yakni di atas umur enam bulan, tak hanya air putih, anak membutuhkan cairan yang terdapat kandungan elektrolit demi mencegah terjadinya dehidrasi.

Baca Juga ...   5 Sumber Protein yang Sangat Baik Ketika Berpuasa

Akan tetapi tak dianjurkan memberikan jus buah, sebab bisa mengencerkan tinja. Yoghurt sangat disarankan untuk diberikan ketika anda tengah mengalami diare, sebab mengandung probiotik yang bisa membantu menurunkan diare.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.