Life

Menahan Bersih Ternyata Bisa Membuat Kerusakan Tenggorokan dan Telinga.

Jakarta – Bersin merupakan respon alami pada organ pernapasan terhadap tubuh terhadap sebuah rangsangan. Jika sedang berada pada momen yang tidak tepat, sebagian orang biasanya memilih untuk menahan bersin.

Tapi, berhati-hatilah karena menahan bersih ternyata bisa membuat dampak buruk bagi tubuh. Pasalnya, kecepatan bersin manusia mencapai 160 km/jam, yang artinya bila kita menahan bersin maka tubuh harus mengatasi perubahan akibat tekanan kuat yang masuk kembali ke dalam saluran pernapasan.

Dikutip dari BBC, tidak main-main dampak buruk yang ditimbulkan menahan bersin bisa menyebabkan pencahnya gendang telinga, kerusakan tenggorokan, hingga pecahnya pembuluh darah pada otak.

Hal tersebut pernah dialami seorang pria berusia 34 tahun d Leicester, Inggris. Pria tersebut menahan bersin dengan cara menjepit hidung dan menutup mulut yang kemudian berakibat selaput tipis yang ada di tenggorokan sobek.

Baca Juga ...   Bahayakah Penyakit Wasir Jika Tidak Segera Diperiksakan ?

Meskipun kasus ini jarang dan tidak biasa terjadi, namun dokter tetap menyarankan kita agar berhati-hati.

Dalam jurnal BMJ Case Report, menjelaskan bahwa menahan bersin juga dapat menyebabkan kerusakan telinga bahkan pembengkakan pada pembuluh darah.

Jhon Pan, MD, Kepala Pusat Pengobatan Integratif di George Washinton University Medical Center  menjelaskan juga, bersin yang di tahan akan memaksa bakteri kembali masuk ke dalam hidung dan kanal telinga, sehingga bisa menimbulkan infeksi.

Pria yang mengalami kerusakan telinga tersebut mengatakan, bahwa dirinya  ketika menahan bersin merasakan sensasi pecah di lehernya. Dan seketika itulah, ia juga merasakan sakit serta kesulitan menelan dan bicara.

Hasil rontgen menemukan bahwa terdapat sejumlah udara yang merembes dari pipa udara ke selaput tipis di lehernya.  Yang kemudian pria tersebut harus makan melalui selang untuk tujuh hari kedepan agar selaput ditenggorokannya sembuh.

Baca Juga ...   Lelaki Yang Penyayang Anak Kecil Adalah Ciri Lelaki Idaman

Setelah menghabiskan waktu satu minggu di rumah sakit, pria tersebut diperbolehkan untuk pulang kerumah untuk pemulihan.

Para dokter dari Dapartemen THT Leicester Royak Infimary menjelaskan bahwa menahan bersin agar tak keluar lewat dan mulut dan hidung merupakan tindakan yang berbahaya sehingga perlu dihindari.

Meskipun baik untuk dilepaskan, pastikan untuk menutup mulut dengan tisu saat bersin, hal ini untuk menghindari penyebaran penularan penyakit pada orang yang disekelilingnya.

 

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.