Life

Ingin Berat Badan Ideal? Kamu Bisa Coba Dengan Menerapkan Diet Seimbang Ini

Tubuh gemuk seringkali membuat setiap orang kesulitan dalam menjalanin aktivitas sehari-hari. Hal tersebut membuat setiap orang yang mengalami obesitas menginginkan berat badannya bisa diturunkan, salah satu caranya adalah dengan Diet. Diet yang bagus dan baik bagi tubuh tentu saja diet gizi seimbang (healthy balance diet). Bukan jenis diet yang populer dua sampai empat tahun terakhir ini.

Pelaku diet sebenarnya tidak harus mengubah makanan yang dimakannya untuk mengurangi kalori. seperti yang dianjurkan jenis diet tertentu. Ada yang tidak boleh makan garam, ada yang ditentukan oleh waktu, ada pula yang hanya boleh makan lemak saja.

“Yang tepat itu adalah diet gizi seimbang. Seimbang yang saya maksud semua (sumber makanan) harus ada. Ada karbohidrat, protein (baik hewani maupun nabati, lemak, serat, semua ada,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah–Bintaro Jaya, Diana F Suganda belum lama ini.

Baca Juga ...   Sudah Menjalani Diet Sehat Namun Berat Badan Tak Kunjung Turun Apa Sebabnya, Cekidot!

Ebagai dokter, Diana sendiri mengaku tidak pernah menerapkan pola diet macam-macam ke pasien yang ingin turun berat badan. Yang terpenting adalah jumlah kalori yang dikonsumsi harus diperhatikan.

“Jadi pada diet seimbang ini semua ada. Keju, cokelat, donat, kadang masih saya kasih. Terpenting jumlah. Jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh. Tidak lupa juga vitamin dan mineral,” kata Diana.

Diana juga menambahkan bahwa jadwal makan teratur merupakan salah satu faktor penting dalam menjalani diet seimbang. Jika jadwal makan tidak teratur, kaka system metabolism kita akan menjadi jelek. Diana menganjurkan agar tidak makan makanan yang digoreng. Daia lebih menyarankan untuk memakan makanan yang direbus, kukus, dan pepes. Namun Diana sadar bahwa pasien yang ingin turun berat badan ini hanya hidup sekali. Sehingga buat apa ribet?

Baca Juga ...   Tips Ampuh Membasmi Lemak Pada Tubuh Ketika Tidur

“Kalau mau makanan goreng, silakan, tapi bikin sendiri dan dibatas. Seminggu hanya dua kali. Kalau hari ini sudah digoreng, besok dipepes, besok lagi dibikin teriyaki, baru nanti goreng lagi,” kata Diana menganjurkan.

Paling penting adalah aktivitas fisik. Tidak perlu yang berat. Berjalan selama 30 menit adalah aktivitas paling ringan yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

“Sebelum memulai harus konsultasi ke dokter dulu,” kata Diana.

 

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Kumpulan Ucapan Selamat Imlek 2020 Bahasa Mandarin, Inggris, dan Indonesia, Gong Xi Fa Cai

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.