Film, TV & Musik

Terungkap Alasan Mengapa Lagu Teranyar Mendiang Jonghyun Dilarang Diputar

Jonghyun ‘SHINee’ telah meninggal dunia pada 18 Desember 2017 kemarin karena bunuh diri. Sebelum dirinya bunuh diri, Joghyun telah merampungkan sebuah album yang sekaligus menjadi lagu terbaru dan terakhir darinya. Seolah menjadi kado terakhir untuk penggemarnya, Joghyun menggarap album yang berjudul ‘Poet I Artist’ dengan apik.

Dalam album tersebut terdapat sebuah lagu yang sekarang telah dilarang ditayangkan maupun diputar ditelevisi dan radio KBS. Lagu yang dilarang tersebut berjudul ‘Rewind’. Pelarangan pemutaran lagu Rewind tersebut bukan tanpa alasan. Sebelumnya ada beberapa lagu yang telah dilarang penayangan dan pemutarannya. Rupanya alasan pelarangan ini berkaitan dengan adanya yang berbahasa Jepang dalam lagu Rewind tersebut.

Baca Juga ...   Jonghyun ‘SHINNee’ Meninggal , Tae Yeon ‘Girls’ Generation’ Tuturkan Pesan Menyentuh Ini Di Konser Solonya

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, lirik dalam bahasa Jepang tersebut artinya adalah ‘Satu, Dua, Tiga, dan Sekali Lagi”. KBS adalah salah satu jaringan televisi dan radio yang memang dikenal memiliki sejarah yang tidak memperbolehkan penayangan lagu dengan konten bahasa Jepang di dalamnya.

Sebelumnya lagu dengan judul DEMO_01 yang dinyanyikan oleh PENTAGOn dan ada pula lagu dengan judul Uh-ee oleh Crayopn Pop juga mengalami hal yang sama dengan lagu Rewind Jonghyun. Alasannya sama, yaitu mengandung lirik berbahasa Jepang sehingga tidak ditayangkan dan diputar oleh KBS.

Mengingat lagu Rewind ini merupakan lagu yang ditulis, dikomposisi, dan diaransemen sendiri oleh Jonghyun, tentunya sangat banyak penggemar Jonghyun yang merasa kecewa dengan keputusan KBS tersebut. Meski demikian, masih banyak lagu lain dalam album terakhir Joghyun yang ditulis, dikomposisi dan diaransemen sendiri oleh Jonghyun yang masih bisa didengarkan maupun ditayangkan oleh KBS.

Baca Juga ...   Tak Sesuai Kepribadian, Begini Cara Aurora Ribero Dalami Karakternya Di Film ‘Asal Kau Bahagia’

Oleh karenanya, jika penggemar Jonghyun ingin memutar lagu Rewind, sangat disarankan untuk mendengarkannya di jaringan lain selain KBS.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.