Life

Tips Memilih Alas Kaki yang Nyaman Untuk Ibu Hamil

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah alas kaki. Biasanya ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada bagian kaki dan sering terjadi keluhan nyeri pada bagian tumit. Hal ini disebabkan berubahnya bentuk tubuh ibu hamil yang berakibat pada berubahnya pusat gravitasi dan berkahir pada cara berjalan ibu hamil.

Untuk itu, memilih alas kaki yang tepat dan nyaman sangat penting diperhatikan oleh ibu hamil. Berikut ini tips yang baik untuk dilakukan guna menemukan alas kaki yang tepat dan nyaman bagi ibu hamil.

  1. Usahakan memilih alas kaki yang tidak mengharuskan ibu hamil membungkuk ketika memakai maupun melepasnya. Mengingat perut ibu hamil semakin membesar, tentunya membungkuk adalah tindakan yang lumayan sulit untuk dilakukan.
  2. Untuk mengurangi rasa nyeri di beberapa persendian kaki, pilihlah alas kaki yang mendungkung bagian lengkung kaki dan juga pergelangan kaki. Ini akan mendukung kenyamanan ibu hamil saat berjalan. Jika tak menemukan alas kaki yang mendukung lengkung kaki, ibu hamil bisa menambahkan sisipan pada alas kaki sagar lebih nyaman. Upayakan sisipan tersebut terbuat dari bahan yang empuk dan halus sehingga tidak menambah rasa sakit ketika berjalan.
  3. Pilihlah alas kaki dengan ukuran lebih besar dari ukuran ketika tidak sedang hamil. Kelebihan ukuran ini berguna untuk menampung ukuran kaki yang lebih besar akibat pembengkakan yang terjadi pada ibu hamil dimasa kehamilan trisemester ketiga. Jika ukuran alas kaki sempit, dikhawatirkan akan mengganggu sirkulasi peredaran darah dan cairan di dalam tubuh. Selain itu ibu hamil juga rawan terserang kesemutan jika alas kaki yang digunakan terlalu sempit.
  4. Sebaiknya memilih alas kaki dengan tumit yang datar atau flat. Namun jika terpaksa ingin memakai alas kaki tinggi (hak), pilihlah alas kaki dengan hak yang tidak runcing dan jangan terlalu tinggi. Pilihan ini mengurangi resiko terjatuh atau terkilir.
  5. Sepatu kanvas banyak direkomendasikan karena baik bentuk maupun bahannya memungkinkan terjadinya sirkulasi udara pada kaki yang mampu mencegah kaki berkeringat. Jika dirasa kaki sering berkeringat, lebih baik menggunakan alas kaki berupa sandal.
Baca Juga ...   Kenapa Banyak Orang Yang Lebih Suka Menunda-Nunda Pekerjaannya, Berikut Beberapa Alasannya!

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.