News

Bahaya Penggunaan Gawai Dapat Berpengaruh Terhadap Pola Tidur

Seluruh orang mengetahui hal ini bahwa memakai gawai untuk bekerja maupun hanya mengulik medsos sebelum tidur merupakan hal yang sangat buruk. Namun, tahukah anda bahwa terlalu sering menggunakan gawai pada kegiatan sehari juga memiliki pengaruh pada pola tidur.

Riset yang dijalani terhadap 5.242 anak-anak remaja yang berusia 11 hingga 20 tahun di Ontario, Kanada, membuktikan bahwa pemakaian medsos termasuk What’s App serta Facebook selama satu jam dalam satu hari, memiliki efek yang besar dengan tidur anak.

Melihat layar gawai sudah jadi hal biasa pada kehidupan kita serta kita baru mengetahui tentang bahaya serta keuntungannya, ungkap Dr Jean Philippe Chaput. Hampir 63,6 persen responden mempunyai waktu tidur lebih sedikit dari yang dianjurkan yakni 7 hingga 8 jam tiap malamnya.

Baca Juga ...   Cara Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Make Up Agar Tidak Iritasi

1

Untuk remaja yang mengakses gawai serta medsos lebih dari satu jam, waktu tidurnya akan lebih sedikit lagi. Padahal, bagi remaja jaman now mayoritas telah mempunyai gawai serta memainkannya dalam sepanjang harinya.

Penelitain tersebut fokus terhadap anak-anak. Bagaimana hasilnya dengan orang dewasa? Saat anak-anak memakai gawai terpotong dengan waktu belajar mereka ketika ada di sekolah. Sedangkan orang dewasa dapat saja menatap layar komputer maupun gawai sepanjang hari. Apakah dampaknya lebih parah? Bisa jadi demikian.

Riset sebelumnya menyatakan bahwa pemakaian ponsel sebelum tidur dapat mengganggu produksi melanin pada tubuh. Orang yang kerap kali menatap layar gawainya diketahui lebih sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak ketika malam hari. Kurang tidur juga dapat berdampak negatif dengan kesehatan mental.

Baca Juga ...   Begini Cara Membuat Best Nine 2019 di Instagram Lengkap untuk iPhone dan Android

 

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.