Life

Bunda, Ini Tips Menyusui Pada 48 Jam Pertama Saat Bayi Baru Lahir

Menjadi Ibu adalah momen yang sangat penting bagi seorang wanita. Salah satu pengalaman yang tak terlupakan adalah ketika pertama kali menyusui sang buah hati. Namun sayangnya banyak ibu baru yang mengalami stres saat awal menyusui. Hal ini berujung pada ketidaknormalan jumlah ASI yang diproduksi. Berikut ini adalah tips bagaimana Bunda menyusui pada 48 jam setelah melahirkan.

  1. Letakkan Bayi di Dada

Dokter atau bidan yang membantu Ibu dalam persalinan biasanya akan melakukan IMD atau inisiasi menyusui dini dengan cara meletakkan bayi di dada ibunya. Ini penting untuk menstimulus produksi ASI dan juga merangsang bayi untuk menyusu. Selain pada momen IMD ini, sebaiknya Bunda meletakkan bayi di dada saat menyusui. Tindakan ini akan menstimulus bayi untuk sering menyusu akibat adanya kontak antara kulit Bunda dengan sang bayi.

  1. Perhatikan Kondisi Puting
Baca Juga ...   Bagi Para Ibu Hamil Ini Ada Beberapa Tips Jika Ingin Ibadah Puasa Anda Berjalan Lancar

Puting adalah salah satu bagian penting dalam proses menyusui. Usahakan puting Bunda selalu dalam kondisi baik agar bayi dapat menyusu dengan nyaman dan mudah. Jika bayi nyaman, maka ASI yang masuk dalam tubuh bayipun akan banyak dan membantunya terhindar dari kondisi turun berat badan. Di dalam ASI diawal proses menyusui mengandung kolostrum yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Oleh karenanya, sangat penting bagi Bunda menjaga bayi agar tetap mengkonsumsi ASI dalam jumlah yang banyak pada awal menyusui.

  1. Jangan Biarkan Bayi Tertidur Saat Menyusu

Pada hari-hari pertama bayi masih sangat sering tertidur, tak terkecuali saat menyusu. Sebaiknya Bunda menjaga agar bayi yang sedang menyusu dalam kondisi terjaga. Jika bayi tertidur saat menyusu, ASI yang dikonsumsi bayi tidak maksimal. Cara untuk menjaga bayi agar tetap terjaga dapat melakukan pijatan pada bagian punggung, mengelus kaki dan bisa juga mengelus kepada bayi.

  1. Konsultasikan Jika Terjadi Masalah Ketika Menyusui
Baca Juga ...   Makanan Manakah Yang Membuat Lebih Cepat Gemuk

Jika bayi terus mengantuk dan rewel saat menyusui, sebaiknya Bunda segera mencari bantuan. Namun jika berat badan bayi sudah berkurang 10% dari berat lahirnya, Bunda wajib segera berkonsultasi dengan dokter, perawat, atau konsultan laktasi.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.