Life

Penyakit Asam Urat dapat Diminimalisir dengan Mengonsumsi Ini!

Jakarta – Rematik asam urat terjadi apabila kita mempunyai terlalu banyak asam urat dalam darah. Di mana kadar asam urat membentuk kristal tajam pada sendi, hal itu lah yang menyebabkan rasa sakit.

Penyakit asam urat dapat diminimalisir dengan menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Makanan yang berkadar purin tinggi terdapat pada daging merah, ikan berminyak, makanan laut dan jeroan.

Kemudian hindari dengan minuman manis yang kaya akan gula dan makanan ringan.

Selain itu, kita juga diharuskan untuk menjaga berat badan normal. Jika kalian menjalankan program diet maka ikutilah diet yang seimbang yakni dengan berolaraga secara teratur namun tidak mengganggu persendian.

Renang merupakan olahraga yang berisiko terhadap persendian. Sehingga bagi kalian yang mengindap asam urat hindari olaharaga macam ini.

Mengurangi risiko pembentukan Kristal asam urat di sendi bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih 3-3,5 liter perhari, tergantung berat badan dan seberapa sering kita melakukan olahraga  dan hindari pula minum minuman yang memliki kadar gula tinggi dan beralkohol seperti bir.

Purin dan Rematik Asam Urat

Rematik asam urat dapat menyebabkan rasa nyeri dan juga pembengkakan sendi. Biasanya dirasakan pada jempol kaki.

Asam urat terjadi karena pemecahan bahan kimia (purin). Purin bisa ditemukan pada makanan tertentu dan bisa juga diproduki secara alami di dalam tubuh.

Kemudian jika ginjal tidak dapat menyaring asam urat maka dapat dapat berubah menjadi Kristal yang kemudian melahirkan peradangan yang kemerahan, bengkak dan menyakitkan.

Panduan konsumsi makanan

Kurangi konsumsi daging merah seperti daging sapi, daging bebek dan daging bebek. Jeroan seperti otak, jantung, hati, ginjal yang kemudian beberapa jenis ikan seperti makrel, tuna dan sarden.

Kemudian batasi makanan yang mengandung ragi seperti roti dan tape.

Perbanyak konsumsi buah-buahan, seperti apel, melok jeruk dan juga sayuranhijau, tomat dan wortel.

Perbanyak pula sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah dan kentang. Jika ingin meminum susu makan minumlah susu yang rendah lemak.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.