News

Jenis Obat Yang Dapat Menimbulkan Rasa Kantuk

Kita semuanya mengetahui bahwa tidap obat (kimia) mempunyai efek sampingnya yang berbeda-beda. Ada yang menyebabkan sakit kepala, mual, mulut kering, mengantuk, konstipasi, serta efek samping yang lainnya yang lebih serius. Nah, walaupun tidak sebegitu bahaya, obat-obatan dengan efek samping rasa ngantuk yang lumayan menghambat aktivitas.

Sebetulnya efek samping mengantuk tersebut dibikin supaya anda beristirahat demi mengoptimalkan kerja obat, akan tetapi menjadi bahaya apabila anda mesti berkendara serta menurunkan produktivitas ketika mesti bekerja maupun berkegiatan lain yang memerlukan konsentrasi.

Nah, supaya anda lebih jeli lagi kapan alangkah baiknya waktu untuk mengkonsumsi obat, kenali jenis-jenis obat khusus yang dapat menimbulkan lelah serta kantuk di bawah ini.

2

  1. Obat Batuk Pilek

Antihistamin adalah salh satu komponen obat yang memiliki fungsi menghalangi kerja zat histamin, yaitu zat kimia yang dihasilkan oleh sel-sel yang ada dalam tubuh saat mengalami reaksi alergi. Antihistamin biasa dipakai demi mengobati bersin, hidung tersumbat, gatal-gatal, gigitan serangga, alergi mata, alergi makanan, sampai dengan gejala mual maupun muntah sebab mabuk dalam kendaraan. Ada dua macam antihistamin, antihistamin dengan jenis pertamalah yang memiliki efek menenangkan. Senyawa antihistamin dalam obat tersebut bakalan masuk pada otak serta mengganggu kesadaran sehingga cenderung menyebabkan rasa kantuk serta susah konsentrasi.

  1. Obat anti kecemasan yang sering kali dipakai dalam mengurangi masalah kecemasan maupun penyakit saraf

Obat antidepresan sering kali diresepkan dokter demi mengobati gejala masalah depresi serta penyakit syaraf. Pasien yang terjadi kecemasan biasanya memang dapat mengendalikan keluhan yang terjadi padanya usai minum obat ini. Obat ini termasuk dalam obat keras sehingga pemakaiannya mesti di bawah pengawasan dokter. Salah satu dampak yang akan ditimbulkan usai mengonsumsi obatantidepresan yakni mengantuk serta hilangnya konsentrasi.

 


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.