Life

Jika Usia Kandunganmu Baru Satu Bulan, Vitamin Ini yang Wajib Dikonsumsi

Dalam masa kehamilan, asupan nutrisi yang baik sangat diperlukan. Beda masa kehamilan, berbeda pula asupan utama nutrisi yang dibutuhkan agar janin yang berkembang di dalam rahim tumbuh dengan baik dan sempurna. Pada masa kehamilan yang terbilang masih awal, yaitu satu bulan asupan vitamin sangat penting. Kekurangan vitamin tertentu pada masa kehamilan satu bulan dapat berakibat buruk bagi kandungan. Oleh karenanya, sebagai calon Ibu, Anda harus pandai dalam memilah kebutuhan vitamin pada tiap masa kehamilan.

Berikut ini adalah vitamin yang harus dikonsumsi oleh Ibu Hamil dalam masa usia kandungan satu bulan.

  1. Vitamin A

Vitamin dapat diperolah dari beberapa bahan makanan, sayur dan buah.  Contoh sumber vitamin A adalah wortel, kuning telur, susu, hati, dan minyak ikan. Vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kehamilan, antara lain untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin, mencegah rambut rontok, menjaga kesehatan mata Ibu hamil, membantu pembentukan organ mata pada janin, menguatkan kuku Ibu dan juga mencegah terjadinya gigi keropos pada Ibu hamil.

  1. Vitamin K

Ibu hamil dapat memperoleh asupan vitamin K dari beberapa jenis sayuran yang berwarna hijau. Vitamin K berperan dalam membantu pembentukan usus janin sehingga sangat diperlukan pada usia kehamilan muda. Selain itu, vitamin K juga berperan dalam pembekuan darah jika Ibu hamil mengalami luka akibat trauma.

  1. Vitamin E

Peran vitamin E dalam tubuh antara lain adalah untuk menjaga keberadaan asam lemak di dalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin E adalah touge dan gandum. Vitamin E juga dikenal sebagai vitamin yang berperan dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit, baik kulit Ibu hamil maupun janin yang sedang berkembang di dalam rahim.

  1. Vitamin D

Vitamin D dapat diperoleh Ibu hamil jika mengkonsumsi susu, minyak ikan, ikan, mentega, kuning telur, dan telur ayam kampung. Vitamin K berperan dalam membantu penyerapan kalsium yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsi Ibu hamil. Kalsium sangat penting untuk proses pembentukan tulang pada janin. Jika kadar kalsium di dalam tubuh tidak mencukupi atau tidak dapat diserap dengan baik untuk pembentukan tulang pada janin, tubuh akan mengambilkan kalsium dari tulang Ibu, sehingga Ibu rawan menderita osteoporosis.

  1. Vitamin C

Vitamin C berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dengan cara melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Vitamin C juga dapat bekerja mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit seperti vitamin E.  Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah buah jeruk dan beberapa buah yang memiliki rasa masam.


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.