Life

Penyebab Strech Mark dan Cara Menghilangkannya

Jakarta – Stretch mark atau guratan yang muncul di perut biasanya sering terjadi pada ibu hamil. Namun tidak hanya itu, ternyata penyebab  kemunculan stretch mark terdapat banyak faktor.

“tanda guratan di perut sebabnya multi-faktor,” ujar Kevin Maharis, seorang demartolog.

“mulai dari pengaruh hormon hingga inflamasi,” sambungnya.

Kemudian dr.  Amaranila juga mengungkapkan penyebab stretch mark ada pada pemakaian baju ketat dan konsumsi alkhohol serta rokok.

“pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kulit menjadi trauma, apalagi ketika kulit kering,” ujar dr. Amaranila.

Bagi ibu hamil munculnya stretch mark merupakan hal biasa, karena hal tersebut terjadi akibat dari peregangan kulit.

Peregangan kulit  biasanya muncul di bagian perut, payudara, paha, bokong dan lengan atas. Kemudian sering juga diiringi dengan timbulnya rasa gatal sehingga membuat kita untuk senantiasa menggaruknya. Padahal, dengan menggaruknya maka akan membuat stretch mark menjadi lebih jelas.

“untuk ibu hamil biasanya mulai muncul pada trimester kedua karena pertumbuhan pesat,” ujar Kevin.

Lalu bisakah stretch mark hilang? Kevin menjelaskan stretch mark akan hilang dengan penggunaan pelembab dengan tingkat minyak tinggi secara rutin setelah mandi.

Selain itu, tidak disarankan menggunakan handuk dengan digosok, melainkan cukup diusap secara lembut.

Adapun cara menghilangkan stretch mark juga bisa dengan mengkonsumsi banyak karbohidrat ,hindari rokok dan minuman beralkohol serta lakukan olahraga.

Mengapa olahraga? Karena dengan berolahraga akan membawa aliran darah dan zat-zat oksigen yang lebih baik sehingga kolagen akan terbentuk yang kemudian akan bekerja untuk menyamarkan stretch mark.

“olahraga membawa aliran darah menjadi lebih baik dan membawa zat-zat oksigen yang lebih baik dan kolagen terbentu kalau adaz zat-zat gizi yang mendukung,” ujar dr Amanila.

Sehingga Dr Amanila juga menyarankan apabila kita ingin menyamarkan stretch mark dengan krim, maka pilihlah krim yang tidak hanya mengandung minyak kadar tinggi saja namun juga pilihlah yang dapat menstimuli tumbuhnya kolagen.

“krim yang baik bukanlah yang hanya melembabkan kulit  tetapi juga ada kandungan yang dapat menstimuli tumbuhnya kolagen,” ujar dr. Amaranila.

“gunakan krim tersebut dua kali dalam sehari dan pakailah setelah mandi,” tambah dr. Amaranila.

 


Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.