Life

Guys, Ini Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diketahui

Bau mulut merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang. Meski terkesan sepele, namun bau mulut yang berlebih akan membuat lawan bicara menjadi tidak nyaman dan bahkan cenderung menghindari.

Banyak orang mengira gosok gigi adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau mulut. Namun perlu diketahui, bau mulut memiliki banyak penyebab dan tidak selalu dapat diatasi dengan menggosok gigi. Oleh karenanya, ketahuilah penyebab bau mulut yang diderita, kemudian putuskan solusi yang tepat.

  1. Diet Keto

Diet keto atau diet ketogenik adalah diet dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak asupan lemak untuk membentuk keton sebagai sumber energi. Bau mulut dapat timbul pada satu hingga dua minggu pertama dan akan hilang pada minggu-minggu selanjutnya. Hal ini dikarenakan tubuh masih dalam proses peralihan dari kondisi lama menjadi kondisi baru, yaitu menggunakana keton sebagai sumber energi.

Baca Juga ...   Beberapa Hal Yang Bakalan Anda Rasakan Jika Kuliah Disambi Dengan Bekerja

Salah satu jenis keton dalam bentuk aseton sisa metabolisme tubuh  biasanya akan dikeluarkann melalui urin dan pernapasan. Aseton ini memiliki bau seperti buah busuk, sehingga menimbulkan bau mulut jika dikeluarkan melalui pernapasan.

  1. Diet Paleo

Diet paleo memiliki efek samping seperti halnya pada diet keto, yaitu bau napas tidak sedap. Deit paleo adalah jenis diet yang memperbanyak asupan protein dibandingkan lemak dan karbohidrat. Konsumsi protein dalam jumlah berlebih dapat membuat seseorang menderita bau mulut. Bau tak sedap dari mulut timbul lantaran adanya penumpukan amonia di dalam tubuh dan berakibat pada bau mulut.

Untuk mencegahnya, seorang yang tengah menjalani diet ini disarankan untuk mengganti sumber protein yang biasa dikonsumsi. Jika biasanya menggunakan daging, maka dapat diganti dengan kacang-kacanngan, minyak zaitu, dan minyak kelapa.

Baca Juga ...   Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Ketika Sedang Berpuasa


Mau HP Murah Berkualiatas? BACA INI DULU
  1. Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung diderita oleh seseorang jika dalam kesehariannnya sering merasa panas di dada dan bersendawa disertai rasa sakit. Refluks asam lambung adalah kondisi dimana seseorang mengalami peradangan di organ kerongkongan akibat dari gaya hidup maupun diet yang dijalani.

Kondisi akan menyebabkan bau tak sedap pada mulut penderitanya. Tak hanya itu saja, penderita refluks asam lambung juga perlu menjaga kesehatan gigi dan gusinya. Asam lambung yang naik ini akan menyebabkan erosi pada gigi dan gusi. Solusinya, segera konsultasikan ke dokter jika terjadi gejala-gejala refluks lambung.

  1. Kurang Makan
Baca Juga ...   Tips Ampuh Dalam Menghilangkan Bau Mulut Selain Sikat Gigi

Selain mengkonsumsi jenis makanan tertentu dalam jumlah banyak dapat menyebabkan bau mulut, ternyata kurang makan juga bisa menyebabkan bau mulut. Jika tubuh kekurangan makanan, akibatnya air liur akan menurun produksinya. Dalam kondisi ini, mulut menjadi lebih kering dan menjadikan bakteri mudah berkembang biak dengan cepat. Pasalnya, air liur yang berfungsi mengatur keberadaan bakteri tidak mencukupi keberadaannya.

Baca Juga Yang Ini:


zvr
Reaksi kamu

Berita Terkait :

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.