News

Beberapa Tips Agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah faktor yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kematian. Data dari WHO di tahun 2012 membuktikan bahwa 17,5 juta orang di dunia meninggal karena akibat penyakit kardiovaskular. Berarti, angka ini mencapai 31 persen dari 56,5 juta kematian yang ada di semua penjuru dunia.

Lebih dari tiga per empat kematian karena penyakit kardiovaskularnini dialami pada negara berkembang, serta yang memiliki penghasilan yang rendah hingga sedang. Bagaimanakah kiranya dengan negara kita Indonesia?

Survei pada tahun 2014 memperlihatkan bahwa Penyakit Jantung Koroner (PJK) di Indonesia jadi salah satu penyebab kematian yang paling tinggi untuk seluruh umur usai penyakit stroke. Jumlahnya hingga 12,9 persen.

Baca Juga ...   Buah Yang Dinobatkan Sebagai Vitalitas Seksual Pria

Data Riskedas pada tahun 2013 juga memperlihatkan bahwa prevalensi yang paling tinggi untuk penyakit kardiovaskular di Indonesia yakni PJK, hingga 1,5 persen. Apabila dilihat menurut kelompok umur, PJK terbanyak dialami pada kelompok usia 65 hingga 74 tahun (3,6 persen) dilanjutkan oleh kelompok usia 75 tahun ke atas (3,2 persen), kelompok usia 55 hingga 64 tahun (2,1 persen) serta kelompok usia 35 hingga 44 tahun yakni sebesar 1,33 persen.

Walaupun Anda tak mempunyai kekuatan dalam mengubah banyak faktor risiko misalnya saja riwayat keluarga, jenis kelamin maupun usia, akan tetapi terdapat beberapa langkah demi mencegah terjadinya penyakit tersebut.

4

Anda dapat terhindar dari gangguan jantung di masa depan dengan memakai pola hidup sehat. Di bawah ini ada beberapa cara demi mencegah terjadinya penyakit jantung.

  1. Menjauhi rokok
Baca Juga ...   Berbanggalah Jika Anda adalah Seorang Cewek Yang Memiliki Pipi Cubi

Merokok merupakan salah satu faktor risiko yang sangat signifikan dalam terjadinya pengembangan penyakit jantung. Bahan kimia yang ada di dalam tembakau bisa merusak jantung serta pembuluh darah, menimbulkan penyempitan arteri karena penumpukan plak.

  1. Berolahragalah 30 menit tiap hari

Kegiatan fisik bisa membantu anda dalam mengendalikan berat badan serta mengurangi kemungkinan untuk mengembangkan kondisi lain yang bisa menjadikan tekanan dalam jantung, misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta diabetes. Secara umum, Anda mesti menjalani aktivitas olahraga yang ringan, misalnya saja berjalan dengan kecepatan tinggi, hingga 30 menit dalam hampir tiap hari dalam satu minggu.

Baca Juga Yang Ini:

Baca Juga ...   Nora Alexandra dan Jerinx SID sama-sama Keras Kepala

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.