Life

Makanan Yang Mengandung Serat Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak macam jenis diet dalam upaya untuk menurunkan berat badan. Salah satu diet yang diyakini bisa menurunkan berat badan secara cepat yakni dengan diet yang tinggi akan serat. Seberapa efektifkah diet macam ini serta bagaimanakah cara kerjanya? Serat merupakan karbohidrat yang didapati dalam makanan nabati misalnya saja buah, sayur, seerta biji-bijian.  Tak seperti karbohidrat yang lain, serat tak gampang dipecah serta dicerna dengan tubuh. Maka dari itu, serat malah bakalan menggelontor serta melancarkan sistem percernaan dengan gampang tanpa menimbulkan kenaikan kandungan gula darah.

Inilah mengapa serat biasanya mampu membantu dalam menurunkan kolesterol, mencegah sembelit, serta mengatasi banyak masalah dalam gangguan pencernaan yang lain. Serat dibagi jadi dua jenis, yaitu serat larut serta serat yang tidak larut. Apa bedanya serat tak larut serta serat larut? Berikut bedanya.

Baca Juga ...   Makanan Yang Bikin Kita Kecanduan Tak Mau Berhenti Untuk Memakannya

3

  • Serat yang tak larut

Sesuai dengan namanya, serat yang tak larut memang tak dapat larut untuk cairan. Serat tersebut memiliki fungsi dalam membantu mencegah sembelit. Biasanya, serat macam ini didapati di biji-bijian, sereal gandum, serta juga sayuran misalnya saja wortel, seledri, dan juga tomat.

  • Serat larut

Serat yang larut ada dalam air bakalan menyerap cairan sehingga bentuknya bakalan mengental pada pencernaan Anda. Serat tersebut membantu dalam mengendalikan kandungan gula dalam darah serta mengurangi kolesterol. Serat jenis tersebut dapat Anda dapatkan pada bubur gandum, kacang-kacangan, apel, buah beri, dan juga pir.

Bagaimanakah serat bisa membantu dalam menurunkan berat badan?

Biasanya, serat membantu dalam menurunkan berat badan dengan cara menjadikan kita merasa kenyang dengan tidak mengkonsumsi banyak kalori. Serat merangsang reseptor yang memberikan rangsangan pada otak bahwa telah waktunya anda berhenti makan.

Baca Juga ...   Bagaimana Jika Kita Selalu Buka Puasa Dengan Menu Yang Manis-Manis?

Dalam hal tersebut serat tak bekerja sendirian, serat memerlukan asupan air yang cukup agar dapat bergerak lewat sistem pencernaan. Tak hanya itu, minum air juga dapat membantu dalam menghadapi rasa lapar. Hal yang harus diingat, apabila Anda memiliki rencana untuk menjalani diet tinggi serat, jalanilah dengan bertahap.

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.