News

Hay Guys Dampak Kurang Istirahat Dapat Menurunkan Nafsu Makan Lo, Berhati-hatilah!

Saat kita kurang istirahat, tak hanya akan merasakan badan tak enak, ternyata ada hal lain yang dapat terjadi selain itu yakni nafsu makan semakin meningkat. Adanya pengingkatan nafsu makan tersebut hasru diwaspadai, sebab akan memiliki resiko menjadikan kelebihan berat badan atau kerap dikenal dengan istilah obesitas, apalagi jika tidak disertai dengan pola hidup yang sehat.

Salah satu ahli gizi mengungkapkan bahwa jika tak cukup tidur, akan timbul sistem hormonal yang tak seimbang. Di mana salah satu hormon dengan nama ghrelin menjadi lebih naik. Ghrelin merupakan hormon yang dipakai tubuh dalam mengirim sinyal pada otak sebagai oeningkat nafsu makan, pada waktu tubuh lapar serta memerlukan makanan.

Baca Juga ...   Tips Meredakan Amarah Ketika Ibadah Puasa

1

Kandungan hormon ini bakalan menurun dengan bertahap usai tubuh mulai menyerap nutrisi dari makanan. Ketika ghrelin meningkat, maka akan muncul kemauan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Jika makanan ada serta tak dapat mengendalikan emosi, bawaannya akan merasa lapar terus menerus, ya bakalan gemuk donk sist.

Walaupun demikian, ketika hormon ghrelin meningkat, individu dapat mengendalikannya dengan meniatkan diri untuk tak menjadi rakus, sehingga dapat berhenti makan. Waktu yang dibutuhkan manusia untuk beristirahat berbeda-beda bergantung dengan usianya masing – masing yakni: bayi serta balita kira-kira 11 hingga 12 jam, anak-anak usia sekolah dasar kira-kira sembilan jam tiap harinya.

Kemudian, ketika dewasa maka waktu tidur kira-kira delapan jam, usia kira-kira 40 hingga 50 tahun akan membutuhkan waktu istirahat selama tujuh jam, serta usia di atas 80 tahun kira-kira membutuhkan waktu istirahat selama enam jam. Aturlah pola istirahat anda, jangan sampai anda kurang istirahat yang nantinya akan berdampak buruk untuk kesehatan anda nantinya. Dan juga ada efek lainnya lagi yakni jika kita kurang tidur maka nafsu makan akan meningkat dan mengakibatkan obesitas.

Baca Juga ...   Obrolan Seru Dengan Si Doi Tentang Masa-Masa PDKT Yang Konyol

Baca Juga Yang Ini:

zvr
Reaksi kamu

Join The Discussion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.